Minggu , 17 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Baru 4 PPK Tuntas Pleno

Baru 4 PPK Tuntas Pleno

TIBA: Logistik Pemilu dari Kecamatan Sungai Rumbai, tiba di Gudang Logistisk KPU Mukomuko, usai proses pleno di PPK, jelang sore Selasa (23/4). (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Pelaksanaan pleno penghitungan suara di tingkat KPU Mukomuko, diprediksi masih lama. Tidak menutup kemungkinan baru akan digelar akhir April atau sudah masuk Mei 2019. Pasalnya, baru empat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah menuntaskan pleno penghitungan suara. Yakni PPK Sungai Rumbai, yang seluruh logistik Pemilunya sudah dikembalikan ke KPU Mukomuko. Tiba sekitar pukul 14.20 WIB di Gudang Logistisk KPU Mukomuko, Selasa (23/4).

Kemudian tiga PPK lagi yang tuntas Pleno tingkat kecamatan hingga berita ini disusun, yakni PPK Penarik, PPK Selagan Raya dan PPK Teras Terunjam. “Sampai malam nanti (kemarin, red), dari perkembangan terkini, empat PPK itu yang tuntas pleno,” kata Komisioner KPU Mukomuko, Misbahul Amri, Selasa (23/4).

Masih ada 11 PPK lagi, yang masih butuh waktu lama. Bahkan diprediksi bakal ada yang belum tuntas Plenonya hingga besok (25/4). PPK yang belum selesai pleno ini antara lain, PPK Ipuh, Kota Mukomuko, Lubuk Pinang, Malin Deman, Teramang Jaya, Pondok Suguh, Lubuk Pinang, Air Manjuto, XIV Koto, V Koto dan PPK Air Dikit.

Menurut Misbahul, lamanya pelaksanaan pleno di tingkat PPK, lantaran proses pleno berlangsung sampai dua kali. Sebelumnya pleno menghimpun suara di setiap TPS per Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau per desa. Setelah didapat suara setiap PPS, baru dilanjutkan dengan pleno penghitungan suara tingkat PPK atau kecamatan.

“Pleno di kecamatan dua kali. Pertama per TPS, sehingga muncul rekap per desa. Lalu rekap per kecamatan,” jelasnya.

Selain itu, jumlah desa di beberapa kecamatan cukup banyak. Seperti di Ipuh, jumlah desanya mencapai 16 desa. Lainnya ada yang 12 desa, dan 10 desa. “Kita masih punya waktu, jadi kita masih tunggu,” sampainya.

Untuk pleno tingkat kabupaten, akan digelar di Aula Hotel Madyara. Dengan pertimbangan ruangannya lebih besar, dari aula hotel yang ada di Kota Mukomuko. Namun pihaknya belum dapat memastikan, kapan pleno tingkat kabupaten akan digelar.

“Kita masih punya waktu sampai 7 Mei 2019. Karena memang di aturan, itu pleno tingkat KPU mulai 20 April sampai 7 Mei. Jadi masih cukup lama,” demikian Misbahul. (hue)

Berita Lainnya

Butuh Sirene Tsunami

MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko butuh sirene bencana alam tsunami. Mengingat, perangkat itu bagian dari upaya ...

error: Content is protected !!