Rabu , 13 November 2019
Home / Metropolis / Ciptakan Keuangan Transparan

Ciptakan Keuangan Transparan

Marjon

BENGKULU- Dalam rangka meningkatkan kompetensi serta lebih profesional dalam hal pengelolaan keuangan, mulai dari perencanaan maupun administrasi, Selasa (23/4), Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan keuangan daerah di Hotel Raffles City.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota, Marjon, MPd menyampaikan pesan dan sekaligus membuka kegiatan bimtek berharap para peserta bimtek benar-benar memanfaatkan kegiatan ini, untuk menambah wawasan dan pengetahuan seputar pengelolaan keuangan yang baik dan benar.

Ia juga mengatakan, dalam pelaksanaan bimtek harus ada dua kompetensi yaitu karakter moral dan karakter pekerja. “Pengelola keuangan harus punya moral yang baik dan bertanggung jawab serta memiliki karakter pekerja. Kalau dua karakter tersebut terpenuhi, insya Allah akan mendapatkan hasil yang baik,” terang Marjon.

Menurut Marjon, Bimtek ini juga merupakan langkah merespon tuntutan publik yang dewasa ini memerlukan transparansi dan akuntabilitas pelaporan keuangan yang jelas dan benar. “Apabila sudah berjalan diharapkan unit kerja setiap OPD dapat membuat laporan keuangan yang lebih baik, dan benar sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Dengan adanya bimtek ini, sambung Marjon, diharapkan ke depan dapat mewujudkan pemerintah yang bersih dengan tata kelola keuangan yang baik. Hal ini, juga menjadi kunci kepercayaan dari masyarakat terhadap kinerja dari pemerintahan.  “Bimtek ini harus menjadi modal kompetensi utama bagi pengelola keuangan. Makanya perlu pelaporan keuangan yang disusun secara akurat, transparan dan akuntabilitas,” tuturnya.

Dalam konteks bimtek, lanjut Marjon, tidak harus dilaksanakan terus menerus, harusnya cukup sekali saja. “Kalau sekali dilaksanakan belum berhasil, dua kali dilaksanakan belum berhasil, maka harus ada evaluasi ke depannya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu diikuti peserta kalangan ASN sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu.(new)

Berita Lainnya

CSR BNI, Gelar Pelatihan Rescue Untuk Pelaku Usaha Wisata Perahu

BENGKULU–  Untuk menciptakan wisata yang aman dan nyaman, sehingga berimbas pada peningkatan pendapatan masyarakat dibidang ...

error: Content is protected !!