Kamis , 12 Desember 2019
Home / Daerah / Seluma / Dana Pendamping Kelurahan Kurang Rp 600 Juta

Dana Pendamping Kelurahan Kurang Rp 600 Juta

SELUMA – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Seluma, Deddy Ramdhani, SE,M.SE,MA mengatakan alokasi dana pendamping Kelurahan yang diperuntukan bagi 20 kelurahan, saat ini tersedia sebesar Rp 13,4 miliar dalam APBD 2019. Masih kurang Rp 600 juta dari total anggaran yang diperlukan Rp 14 miliar.   ‘’Kekurangan Rp 600 juta itu rencananya akan kita ajukan dalam APBD Perubahan mendatang,’’ ucap Deddy, kemarin (23/4).

Dari pemerintah pusat dana kelurahan telah dianggarkan di Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 7,4 miliar APBN 2019. Dari dana tersebut, 50 persen telah masuk ke Kasda Seluma atau Rp 3,7 miliar. Sisanya akan dikucurkan kembali setelah dana pendamping yang diminta cukup.

Lanjutnya, sesuai Permendagri Nomor 130 tahun 2019 bahwa untuk menentukan besaran dana pendamping kelurahan diambil patokan Dana Desa (DD) terkecil yang diterima oleh desa di Kabupaten Seluma. Sebagaimana diketahui  DD terkecil di Kabupaten Seluma Rp 700 juta per tahun. ‘’Di Kabupaten Seluma ada 20 kelurahan, berarti butuh dana pendamping Rp 14 miliar,’’ terang Deddy.

Masih menurut Deddy, dalam Permendagri nomor 130 tahun 2019 juga diantur bahwa sebelum dilaksanakan realisasi dana kelurahan, Pemkab Seluma harus terlebih dahulu membetuk forum kelurahan. Tugas forum itu nantinya melaksanakan realisasi dana. ‘’Realisasi dana kelurahan ini tidak jauh berbeda dengan dana desa. Hanya pada mekanisme pencairannya saja berbeda, kalau desa otonomi penuh, sedangkan kelurahan masih merupakan OPD,” imbuh Deddy.

Untuk pemanfaatan dana kelurahan ini difokuskan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Dengan perbandingan 75 persen untuk pembangunan infrastruktur dan 25 persen untuk pemberdayaan masyarakat. ‘’Infrastruktur yang dimaksud adalah aset kelurahan seperti jalan lingkungan. Jika itu aset kabupaten, maka tidak bisa dibangun melalui dana kelurahan ini,’’ tutup Deddy.(aba)

Berita Lainnya

Jelang Natal dan Tahun Baru, Tim Pengawas Inspeksi Mendadak

SELUMA – Tim Pengawas Sembako Pemkab Seluma melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah warung manisan dan ...

error: Content is protected !!