Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Honor BPD Terendah

Honor BPD Terendah

BENTENG – Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Benteng, berharap ada kenaikan gaji untuk tahun 2019 ini. Saat ini gaji hanya Rp 750 ribu dan sudah berapa kali diusulkan dan dijanjikan naik, namun sampai saat ini belum juga terealisasi.

“Setidaknya gaji BPD bisa dua kali lipat dari saat ini,” terang Joyo Rio, Forum BPD Kecamatan Pondok Kelapa, dari Desa Panca Mukti.

Dijelaskannya, untuk saat ini honorium BPD merupakan yang terendah untuk Kabupaten Benteng, bahkan terendah untuk seluruh daerah yang ada di provinsi Bengkulu. Selain itu, BPD merupakan perangkat yang kemungkinan tidak akan mendapatkan jaminan kesehatan berupa BPJS yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian payung hukumnya.

Sementara jika dibandingkan dengan Desa lainnya seperti Kadun, gaji mereka sudah di atas Rp 1 juta. Untuk Kades sudah mendapatkan Rp 2 juta perbulan saat ini. Bahkan perangkat Desa mendapatkan peluang juga untuk jaminan kesehatan BPJS.

Joyo berharap, agar pemerintah daerah bisa membantu upaya kenaikan seperti yang telah dijanjikan oleh Bupati Benteng. Karena, tugas dari BPD juga tidak kalah sulitnya seperti perangkat desa yang lain. Bahkan, wacana pemerintah berdasarkan instruksi pusat beberapa waktu lalu gaji perangkat desa akan dinaikkan menjadi terendah Rp 1,8 juta.

Untuk hal ini Joyo mengaku sudah menyampaikan hal ini ketingkat pusat melalui anggota DPD RI Hj Eni Khaerani saat ada kunjungan kerja di Benteng beberapa waktu lalu. Namun, hal tersebut informasi terakhirnya masih dalam upaya pembahasan. Terutama untuk BPD, yang juga gajinya bersumber dari ADD yang masuk ke kas desa setiap tahunnya. Apalagi, jumlah ADD tahun ini kembali naik. Tentunya hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kenaikan gaji BPD.

“Kalau ada kenaikan, hendaknya dipastikan melalui Perbup,” demikian Joyo.(vla)

Berita Lainnya

95 Kepala Sekolah Lulus Pendidikan Dan Latihan Penguatan

BENTENG – Sebanyak 95 orang Kepala Sekolah (Kepsek) dari Kabupaten Bengkulu Tengah, lulus dalam Pendidikan ...

error: Content is protected !!