Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Kepahiang Terima 7 Ribu Benih Kopi dari Bogor

Kepahiang Terima 7 Ribu Benih Kopi dari Bogor

KEPAHIANG – Guna peningkatan produksi kopi di wilayah Kabupaten Kepahiang, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Bogor tahun 2019 akan menyerahkan bantuan bibit kopi jenis robusta, dan jenis lainnya sebanyak 7 ribu untuk Pemkab Kepahiang.

Ribuan benih kopi tersebut diperuntukkan untuk pengembangan tanaman kopi dengan sambung pucuk di kebun entres milik Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kepahiang.

Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan SPKP melalui Kabid Perkebunan Deva Yurita Ambarini, SP menjelaskan penyerahan benih kopi tersebut dijadwalkan akan dilakukan pada Selasa 30 April 2019. “Bibit itu belum kita bagikan ke Kelompok Tani (Poktan). Bibit itu untuk Deplot kita sebagai kebun percontohan milik Distan Kepahiang,” ungkap Deva.

Nantinya benih kopi tersebut akan diuji terlebih dahulu di demplot milik Dinas Pertanian. Hasil dari pengujian itu nantinya akan menjadi rujukan apakah benih tersebut sudah siap disalurkan atau belum, kepada para kelompok tani sesuai dengan hasil seleksi.  “Kalau sekarang memang belum untuk dibagikan 7000 bibit tersebut. Bibit itu baru untuk demplot kita atau mau diuji terlebih dahulu,” jelasnya.

Dalam penyerahan benih bibit kopi itu nantinya, direncanakan langsung diterima secara simbolis oleh Bupati Kepahiang. Selain itu juga dalam acara penyerahan bantuan bibit kopi jenis robusta tersebut wacananya juga dihadiri Dirjen Kementrian Pertanian Pusat. “Acara itu rencananya di adakan di Balai Desa Kampung Bogor Kecamatan Kabawetan. Mudah-mudahan pak bupati bisa hadir dan menerima secara simbolis bantuan bibit kopi tersebut,” tutur Deva.(sly)

Berita Lainnya

Jalan Lintas Sumatera Rusak

KEPAHIANG – Jelang arus mudik lebaran, beberapa titik jalan lintas Sumatera di Kabupaten Kepahiang rusak ...

error: Content is protected !!