Selasa , 22 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Maksimalkan Lahan Persawahan

Maksimalkan Lahan Persawahan

PANEN: Wakil Bupati Benteng, Septi Peryadi S.TP bersama Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Benteng, Drs.Supawan Said menghadiri acara panen raya di Desa Tanjung terdana Kecamatan Pondok Kubang. (foto: ist/rb)

BENTENG – Program pengembalian lahan persawahan di Kabupaten benteng, sudah mulai menampakkan hasil. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan penen raya di lokasi lahan persawahan Desa Tanjung Terdana Kecamatan Pondok Kubang.

Hadir dalam panen raya Selasa (23/4) Wakil Bupati Benteng, Septi Peryadi S.TP, Kadis Pertanian dan peternakan, Drs.Supawan Said dan sejumlah kelompk tani yang ada di Kecamatan Pondok Kubang.

Kades Tanjung Terdana, Haluan menjelaskan lahan persawahan di Kecamatan Pondok Kubang tak kurangd ari 2 ribu hektare. Hal ini jika dimanfaatkan akan menajdi salah satu lumbung padi di Kabupaten Benteng. “Dulunya, kecamatan Pondok Kubang memang daerah lumbung padi,” jelasnya.

Saat ini, proses penanaman padi sudah muali maksimal seiring dengan perbaikand an penambahan infrastruktur pertanian seperti lahan irigasi. Namun, untuk target mengejar masa tanam sampai 3 kali dlaam setahun masih harus dikejar lagi dnegan penyediaan sarana pertanian yang lebih baik lagi.

Septi Peryadi yang memimpin kegiatan panen raya mengatakan pemerintah akan lebih memaksimalkan jumlah lahan pertanian untuk tanaman padi dalam rangka mengejar target swasembada pangan. Saat ini, 7600 lebih hektare lahan pertanian padi masih memerlukan berbagai sarana peningkatan. Dan target penanaman sampai tiga kali juga terus dikejar.

“Lebih dari setengah lahan persawahan sudah kembali melakukan penanaman padi,” jelasnya.

Supawan Said mengatakan untuk tahun 2019 ini, ada 9 titik irigasi yang akan dibangun. Selain itu, dua irigasi induk juga siap dibangun. targetnya tahun depan sudah bisa dimaksimalkan untuk mengairi lahan persawahan yang ada di seluruh wilayah Benteng.

“Beberpaa alih fungsi lahan sudah kembali menjadi laha pertanian khusus tanaman padi,” demikian Supawan. Untuk lahan yang ada di Kecamatan Pondok Kubang, saat ini setiap hektarenya sudah mampu menghasilkan paling sedikit 5 ton gabah kering padi. Dan jika bisa sampai menanam 3 kali, setiap hektare bisa menghasilkan 15 ton gabah kering padi setiap tahunnya.(vla)

Berita Lainnya

Badan Anggaran Dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Mulai Bahas Kebijakan Umum Anggaran- Prioritas Plafon Anggaran Sementara

BENTENG – Badan Anggaran DPRD Benteng dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Selasa (22/10) mulai membahas ...

error: Content is protected !!