Minggu , 26 Mei 2019
Home / Metropolis / Pemprov Kaji Peluang Rekrut CPNS dan PPK

Pemprov Kaji Peluang Rekrut CPNS dan PPK

Nopian Andusti

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengkaji kemungkinan untuk merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 ini. Sekda Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti mengatakan, mereka akan menghitung kembali kebutuhan riil CPNS. Sehingga bisa mengetahui secara pasti berapa kekurangan CPNS di tubuh Pemda Provinsi Bengkulu saat ini.

Hitungan kekurangan CPNS itu nanti terperinci. Formasi apa saja, tenaga apa saja dan di OPD mana saja. Ini yang menjadi dasar pengusulan penerimaan CPNS nanti ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Kemenpan) dan Reformasi Birokrasi (RB). “Kita hitung dulu berapa banyak PNS kita, kemudian kekurangannya apa saja secara terperinci,” kata Nopian.

Tahun 2018 Pemprov Bengkulu menerima 286 CPNS. Saat ini telah bekerja di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), termasuk di sekolah-sekolah. Mekanisme penambahan tenaga PNS itu menurut Sekda tidak hanya melalui rekrutan CPNS. Bisa juga dengan cara pindah masuk.

Sebab gelombang pindah masuk pegawai dari daerah ke Provinsi atau dari luar provinsi itu signifikan mempengaruhi jumlah PNS. “Nanti kita rekap terlebih dahulu,” terangnya.

Pada periode pertama penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Pemprov Bengkulu tidak merekrut, lantaran tidak punya anggaran di APBD. Sekda menjelaskan di periode penerimaan selanjutnya ini juga akan dikaji berapa kebutuhan penerimaan tenaga PPPK. Terutama masalah kemampuan anggaran untuk pelaksanaan tes penerimaan PPPK ini.

Selain itu anggaran untuk menggaji PPPK  ini juga harus dilihat. Karena gaji mereka tetap ditanggung oleh APBD. “Kita lihat dulu kemampuan anggaran. Kalau tidak ada anggaran kita tidak bisa merekrut,” terangnya.

Sementara itu jumlah PNS Pemprov yang pensiun setiap tahunnya, terekap oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mencapai 300 orang. Dari analisa jabatan tahun 2018-2023 Pemda Provinsi Bengkulu kekurangan PNS mencapai 300 orang. Kekurangan inilah kemudian digantikan dengan pengangkatan tenaga honorer lepas (THL). Kekurangan PNS karena pensiun ini harus digantikan dengan penerimaan CPNS.

Untuk anitisipasi kekurangan PNS, 286 CPNS diikat perjanjian tidak boleh pindah selama 10 tahun. “Tidak boleh pindah selama 10 tahun,” kata Kabid Informasi Pendataan dan Pengadaan Pegawai BKD Provinsi Bengkulu, Dei Natali Handi.(del)

Berita Lainnya

Status Pantai Panjang jadi Catatan BPK RI

BENGKULU- Status peralihan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) serta aset kawasan wisata Pantai Panjang yang dilakukan ...

error: Content is protected !!