Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Program Kube di Delapan Kecamatan 

Program Kube di Delapan Kecamatan 

CURUP – Kabupaten Rejang Lebong (RL) saat ini terus melakukan upaya semaksimal mungkin dalam pembentukan 90 Kelompok Usaha Bersama (KUBe) yang akan menerima bantuan dari Kementerian Sosial tahun anggaran 2019. Dimana bantuan KUBe tersebut dengan sasaran masyarakat yang tidak mampu dan tersebar di 8 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada.

‘’Pembentukan 90 KUBE tahun ini tersebar dalam 8 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada. Program yang diterima, yaitu KUBE desa 40 unit dan KUBE perkotaan 50 unit. Proses pembentukan saat ini sedang dalam proses,’’ terang Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong Zulfan Efendi, SE, MM kepada RB.

Dijelaskan Zulfan, warga yang tergabung dalam KUBE ini setiap unitnya beranggotakan 10 orang. Dimana per anggota ini nantinya akan mendapatkan bantuan modal usaha yang akan dikembangkan di desa atau kelurahan masing-masing sebesar Rp 2 juta. Sejauh ini pembentukan 90 KUBE itu sendiri sudah selesai adalah KUBE pedesaan. Sedangkan untuk KUBE perkotaan masih dalam proses pembentukan di masing-masing kecamatan.

‘’KUBE pedesaan prosesnya pembentukannya sudah selesai, dan dalam waktu dekat ini kalangan penerimanya akan mendapat bimtek langsung dari Kementerian Sosial. Masyarakat penerima bantuan program KUBE ini adalah kelompok masyarakat yang sebelumnya sudah mengajukan proposal ke Dinas Sosial Rejang Lebong dan sudah di survey serta dinyatakan layak,’’ lanjut Zulfan.

Ditambahkan Zulfan, penerima bantuan ini nantinya ditekankan membuka usaha yang sifatnya berkelanjutan dan dibutuhkan oleh masyarakat sekitarnya. Sehingga program ini nantinya bisa menjadi salah satu upaya pengentasan kemiskinan di wilayah itu. ‘’Adapun 90 KUBE yang dibentuk ini di Kecamatan Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya, sedangkan pembentukan KUBE perkotaan berada di Kecamatan Curup Selatan, Curup Timur, Selupu Rejang dan Kecamatan Curup Tengah menerima program KUBE pedesaan serta KUBE perkotaan,’’ demikian Zulfan.(dtk)

Berita Lainnya

Pemkab Siapkan Lahan Baru Lapas Curup

CURUP – Menindaklanjuti kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup yang sudah over kapasitas, Pemerintah ...

error: Content is protected !!