Senin , 27 Mei 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 6 Koperasi Akan Dibantu

6 Koperasi Akan Dibantu

MUKOMUKO – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana akan menyerahkan bantuan peralatan tangkap dalam waktu dekat. Bantuan kali ini khusus untuk koperasi.

“Ada enam koperasi nelayan yang ada di Kabupaten Mukomuko,” ujar Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko, Nasyyardi, S.Pi.

Sebanyak enam koperasi nelayan itu bakal dapat bantuan itu direncanakan, koperasi nelayan di Kecamatan Kota Mukomuko sebanyak dua koperasi. Berikutnya di Kecamatan XIV Koto sebanyak satu koperasi, di Kecamatan Teramang Jaya sebanyak dua koperasi, dan di Kecamatan Ipuh hanya satu koperasi.

Awalnya diajukan delapan koperasi yang diajukan, untuk mendapatkan bantuan peralatan tangkap dari pemerintah pusat. Namun setelah tim pemerintah pusat melakukan verifikasi ke lapangan, didapati ada dua 2 koperasi tidak lolos verifikasi.

Satu koperasi di Kecamatan Kota Mukomuko dan satu koperasi lagi di Kecamatan Ipuh. Disebabkan adanya beberapa berkas yang kurang. “Dan dipastikan sebanyak enam koperasi itu, seluruhnya sudah berbadan hukum dan terdata di pemerintah pusat,” yakin Nasy.

Adapun jenis bantuan pemerintah pusat, antara lain, kapal tangkap ikan di bawah 5 GT, jaring, dan beberapa perlengkapan tangkap lainnya. Bantuan ini, kata Nasy, informasinya bakal dibagikan awal bulan Mei 2019 mendatang.

Hanya saja, pihaknya mengaku belum tahu berapa jumlah masing-masing jenis barang yang akan diberikan kepada 6 koperasi tersebut. “Yang saya tahu hanya jenisnya saja. Tapi yang jelasnya, setiap koperasinya akan mendapatkan kapal di bawah 5 GT, dan jaring,” imbuhnya.

Sedangkan untuk dua koperasi yang tidak lolos verifikasi. Diharapkan segera melengkapi persyaratan yang kurang. Jika nanti persyaratan sudah lengkap, akan kembali diusulkan ke pemerintah pusat. Agar mendapatkan bantuan yang sama. “Kalau lengkap syaratnya, akan langsung kami ajukan lagi ke pusat,” tandasnya.(hue)

Berita Lainnya

Bak Terbuka Angkut Penumpang, Ditilang

MUKOMUKO – Ini perhatian bagi masyarakat pemilik mobil bak terbuka. Seperti mobil pikap, dan truk ...

error: Content is protected !!