Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Lebong / Anggota Linmas MD Usai Pemilu

Anggota Linmas MD Usai Pemilu

Shalahuddin Al Khidr

LEBONG SELATAN – Jika Kepahiang belakangan ini dihebohkan dengan ketua ranting partai politik (parpol) yang hilang pascamengamankan formulir C1. Di Kabupaten Lebong warga dihebohkan adanya anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) meninggal dunia (MD) usai Pemilu. Adalah Lation (45), bertugas menjaga keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8 Kelurahan Tes, Kecamatan Lebong Selatan.

Meninggalnya Lation pada Minggu (21/4) itu akibat hipertensi atau penyakit darah tinggi. ‘’Benar, memang ada anggota Linmas yang meninggal usai Pemilu. Namun meninggalnya di rumah, bukan saat menjalankan tugas pengamanan TPS,’’ kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong, Shalahuddin Al Khidr, SE.

Dijelaskannya, kabar meninggalnya Lation baru diketahuinya Selasa (23/4). Persisnya ketika KPU Lebong melayangkan edaran kepada seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mendata adakah penyelenggara Pemilu yang sakit atau meninggal dunia.

‘’Saat itu Ketua KPPS 8 Kelurahan Tes menyampaikan tidak ada penyelenggara yang sakit atau meninggal, tetapi ada anggota Linmas yang meninggal setelah pelaksanaan Pemilu,’’ terang Shalahuddin.

Sesuai keterangan pihak KPPS 8 Kelurahan Tes, diduga Lation meninggal akibat kelelahan sehingga memicu hipertensi. Soalnya saat proses pemungutan dan penghitungan suara berlangsung, Lation bertugas sejak pagi hingga malam tanpa istirahat demi menyukseskan Pemilu di Lebong. ‘’Terkait masalah ini, kami sudah menyampaikan laporkan ke KPU Provinsi,’’ ungkap Shalahuddin.

Atas kejadian itu, Shalahuddin mengimbau kepada seluruh penyelenggara Pemilu mengatur ritme kerjanya. Dalam artian jangan terlalu memaksakan jika kesehatan fisik sedang terganggu. Soalnya tahapan Pemilu masih panjang sehingga peran seluruh penyelenggara Pemilu masih diperlukan sampai final penghitungan dan rekapitulasi suara.

‘’Kepada masyarakat juga kami harap tidak mudah percaya dengan isu negatif terkait pelaksanaan Pemilu yang belum terbukti kebenarannya,’’ tutup Shalahuddin.(sca)

Berita Lainnya

Lelang Mobnas Banyak “Titipan”

PELABAI – Pelaksanaan lelang 79 unit mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong besok, ...

error: Content is protected !!