Minggu , 17 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pinjam Pakai Lapter II

Pinjam Pakai Lapter II

Yunizar Hasan MP

KOTA MANNA -Status lahan milik TNI AU (Lapter II) yang kini masih dipinjam pakai oleh Pemkab Bengkulu Selatan (BS), kontraknya berakhir tahun 2021.

Memang sebelumnya Pemkab BS sudah mendapat persetujuan dari TNI AU soal pinjam pakai lapter II. Tetapi hingga sekarang Pemkab BS masih terus berupaya agar lapter II tersebut bisa dihibahkan ke Pemkab BS.

“Kami terus berusaha dengan datangi Kemenhan dan Lanut Palembang untuk mengupayakan supaya lapter II itu bisa dihibahkan ke BS,’’ ungkap Kabag Tata Pemerintahan dan Otomi Daera (Otda) Pemkab BS, Ir. Adi Kusno, M.Si.

Lanjut Adi, pihak Kemenhan sempat sarankan agar Pemkab BS kembali menyurati Kasau RI, agar dapat menghibahkan lapter II ke Pemkab BS. Lalu surat itu ditembuskan ke Kemenhan RI serta Dirjen Kekayaan Negara RI. ‘’Lapter II kan sudah menjadi pusat perkantoran Pemkab BS untuk pelayanan pemerintahan BS,” ujarnya.

Sementara Asisten I Pemkab BS, Yunizar, MAP mengatakan hasil konsultasi yang mereka lakukan dari pihak TNI AU melalui pihak Lanud supaya Pemkab BS  dapat menyiapkan lahan sebagai reslah di lokasi yang berdekatan Bandara Patmawati Bengkulu.

Tentu permintaan dari TNI AU itu, lanjut Yunizar, akan dilaporkan kepada Plt Bupati dan Pak Sesda dulu untuk  dibahas kembali sesuai kemampuan keuangan daerah. “Ya, kami lagi kordinasi dan konsultasi tahap awal rencana permohonan hibah tanah Lapter II bersama Letkol Fander beserta stap bidang aset Lanud Srimulyono Palembang,’’ ujar Yunizar.

Sekedar diketahui Lapter II dikuasi negara berdasarkan hasil perebutan TNI AU. Yang mana sebelumnya tanah itu dikuasai oleh tentara Jepang masa penjaja tahun 1942 – 1945 yang mana dulunya sempat menjadi lapangan terbang Sokoji. Lalu aset tersebut setelah dikuasi oleh TNI AU dikembalikan ke pusat terdaftar ke Kementrian Keuangan RI.(tek)

Berita Lainnya

Waspada, Pelaku Hipnotis Berkeliaran di Bengkulu Selatan

KOTA MANNA– Korban hipnotis di Kabupaten Bengkulu Selatan kian bertambah. Jika sebelumnya, Seridah (52) warga ...

error: Content is protected !!