Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Bawaslu BU Hanya Terima Satu Laporan

Bawaslu BU Hanya Terima Satu Laporan

ARGA MAKMUR – Sejak 16 April atau H-1 pencoblosan pemilu, hingga kamis (25/4) belum ada laporan yang masuk ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Utara (BU). Hanya ada satu laporan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terkait teknis untuk mendapatkan form C1 saat di TPS.

Divisi Penindakan Bawaslu BU, Tugiran, M.Pd menuturkan laporan dari PKS mereka tidak diberikan form C1 oleh TPS. Petugas TPS menolak memberikan Form C1 lantaran PKS hanya menempatkan satu saksi. “Jadi ada kesalahapahaman. Sedangkan meskipun hanya satu saksi untuk kabupaten mereka juga berhak meminta Form C1 Provinsi dan Pilpres,” kata Tugiran.

Namun kasus tersebut tidak sampai berlanjut panjang. Bawaslu sudah melakukan mediasi dengan KPU terkait hal itu. Sehingga sudah ditemukan titik temu dan di setiap TPS yang terdapat saksi PKS diberikan Form C1 baik DPRD Kabupaten, Provinsi maupun Pilpres. “Jadi tidak ada masalah lagi. Karena apa yang dituntut oleh parpol pelapor sudah terpenuhi haknya,” katanya.

Ia juga menerangkan dalam pemilu tahun ini, hingga kemarin Bawaslu dan Gakkumdu belum mendapati pelanggaran yang sifatnya Tindak Pidana Pemilu (TPP). Meskipun sempat ada laporan soal money politics dan keikutsertaan aparat pemerintah, namun perkara tersebut dinilai tidak memenuhi bukti. “Semua laporan yang masuk kita pastikan ditindaklanjuti.  Sampai saat ini Bawaslu tidak memiliki tunggakan laporan. Kita tunggu seluruh proses berakhir,” pungkas Tugiran.(qia)

 

Berita Lainnya

Semua Plt Cukup Syarat Jadi Kadis

ARGA MAKMUR – Sebanyak 11 Pelaksana Tugas (Plt) Kepala OPD berpeluang paling besar untuk lulus ...

error: Content is protected !!