Sabtu , 21 September 2019
Home / Pemilu / Dugaan Kecurangan, 6 Caleg Datangi KPU

Dugaan Kecurangan, 6 Caleg Datangi KPU

DATANGI KPU: Caleg dan pengurus parpol mendatangi KPU Seluma, berkordinasi atas temuan pelanggaran pemilu di enam TPS di Desa Serambi Gunung. (foto: yayan/rb)

SELUMA – Enam calon legislatif (caleg) Dapil 2 Seluma mendatangi KPU Seluma, Kamis (25/4) siang. Kedatangan caleg dari Partai Demokrat, Partai Garuda, PAN, PKB, Partai NasDem dan Partai Berkarya ini untuk berkoordinasi terkait adanya indikasi kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 17 April lalu di 6 TPS Desa Serambi Gunung, Kecamatan Talo.

“Sebelum ke sini tadi (KPU, red), kami telah ke Bawaslu menyampaikan masalah ini,” kata pengurus DPC Partai Demokrat, Gusman Gumanti, kepada RB Kamis (25/4).

Dijelaskan Gusman, kedatangan rombongannya ke KPU berkoordinasi menyampaikan dugaan pelanggaran di Kecamatan Talo yakni di enam TPS di Desa Serambi Gunung. Daftar Pemilih Khusus (DPK) di enam TPS tersebut mencapai 135 orang. “Kami rasa dengan DPK sebanyak itu tidak wajar lagi. Jumlah itu bisa untuk pemilih satu TPS lagi,” ucap Gusman.

Dijelaskannya, kedatangan dirinya beserta rekannya bukan semata keinginan caleg saja, melainkan juga keinginan masyarakat. Karena kejanggalan pemilu ini juga terjadi dalam proses pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Saat pleno di PPK, ada C1 plano diubah. Selain itu antara C1 plano dan C1 hologram yang ada di PPK dan saksi berbeda. Selain itu ada satu pemilih di Desa Serambi Gunung bukan warga desa tersebut, melainkan warga dari Palembang, Sumatera Selatan. Sesuai dengan KTP  yang kami dapatkan,” beber Gusman.

Untuk itu, tambah Gusman, pihaknya masih menunggu tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Bawaslu atas laporan yang telah disampaikan. “Kalau memang terbukti menyalahi aturan maka kami harap dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU),” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi, SE menyampaikan pihaknya akan melakukan klarifikasi dan verifikasi laporan ini ke PPK Talo dan PPS Desa Serambi Gunung. “Kita akan panggil dulu KPPS, PPS dan PPK. Nanti baru kita akan tentukan langkah berikutnya,” sampai Sarjan.

Diketahui, jumlah DPT di Desa Serambi Gunung Kecamatan Talo sebanyak 1.335 orang, yang telah melakukan pencoblosan di enam TPS 17 April lalu.(aba)

Berita Lainnya

Wapada Adu Domba

PELABAI – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, ...

error: Content is protected !!