Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / PAN dan PKPI Kehilangan Kursi

PAN dan PKPI Kehilangan Kursi

Perbandingan Perolehan Kursi DPRD Kepahiang Sementara

KEPAHIANG – Pemilu legislatif di Kabupaten Kepahiang memunculkan sejumlah kejutan. Partai NasDem sukses mendulang suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan meraih suara terbanyak. Parpol ini mendapatkan 7 kursi DPRD Kepahiang.

Sementara PKPI dan PAN untuk periode ini tidak bisa mendudukkan kadernya di kursi legislatif. Hal ini terlihat dari hasil rekapitulasi scan formulir C1 yang diupload di situs KPU yang hingga saat ini sudah mencapai angka 90 persen. PKPI yang pada Pileg 2014 lalu menjadi pemenang dan mendudukkan 4 kadernya di DPRD Kepahiang, pada pileg kali ini tampak tak bisa berkembang penuh.

Bahkan di 4 daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Kepahiang, suara PKPI justru terjun bebas walaupun beberapa incumbent seperti Ketua DPRD Kepahiang H. Badaruddin, A.Md dan Ice Rakizah Syarief kembali mencalonkan diri.

Hal serupa juga dialami oleh PAN. Dua kursi yang diperoleh pada Pemilu 2014 lalu, saat ini justru harus lepas. PAN terpuruk di posisi 12 dari 16 partai politik (parpol) peserta pemilu, selisih 1 peringkat di bawah PKPI di posisi 11.

Kejutan justru muncul dari Partai Perindo. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini justru berhasil meraih 1 kursi di DPRD Kepahiang. Perindo berada di peringkat ke 10 dari 16 parpol peserta pemilu.

Selain itu pada pemilu tahun ini juga ada beberapa parpol yang mengalami peningkatan dan penurunan perolehan kursi. Seperti Partai Demokrat yang pada Pemilu 2014 lalu hanya meraih 1 kursi, kali ini sukses mendapatkan 3 kursi (Selengkapnya lihat grafis).

Komisioner KPU Kepahiang, Ikrok, S.Pd mengungkapkan sejauh ini pihaknya masih melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019. Ia bahkan belum bisa berkomentar banyak mengenai hasil sementara yang beredar saat ini. “Untuk hasil resminya nanti ada pada hasil pleno KPU Kepahiang. Jadi tunggu saja hasil pleno KPU,” tegasnya.(sly)

Berita Lainnya

Jalan Lintas Sumatera Rusak

KEPAHIANG – Jelang arus mudik lebaran, beberapa titik jalan lintas Sumatera di Kabupaten Kepahiang rusak ...

error: Content is protected !!