Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Penuhi Kuota CJH, 13 Nama Diusulkan

Penuhi Kuota CJH, 13 Nama Diusulkan

H Ajamalus

MUKOMUKO – Meskipun sudah digembar gemborkan Indonesia akan mendapat 10 ribu tambahan kuota haji, tapi hingga Kamis (25/4), realisasinya belum sampai ke Kabupaten Mukomuko.

Ironisnya, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mukomuko malahan sedang mengusulkan 13 nama ke Kemenag RI untuk mencukupi kuota haji 178 jamaah. Karena, ada 13 jamaah yang sudah masuk daftar keberangkatan haji tahun 2019, malah menunda.

“Untuk kuota yang baru belum ada. Kuota kita masih 178 orang. Kami sedang mengajukan 13 orang nama ke Kemenag untuk gantinya,’’ ungkap Kepala Kakan Kemenag Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH.

Dijelaskan ada 13 calon jamaah haji (CJH) yang menunda keberangkatan dengan berbagai alasan. Diantaranya, ada karena faktor ekonomi, ada juga 2 orang menunda untuk menunggu keluarganya berangkat tahun depan. Selain itu ada juga yang meninggal dunia.

“Guna mengisi 13 orang tersebut, kita mabil dari kuota lanjut usia dan kuota cadangan. Ini Sudah kita ajukan, harapannya bisa dikabulkan,” kata Ajamalus.

Terkait kesiapan CJH, dikatakan Ajamalus, masih ada 13 CJH yang belum rekam biometrik. Ada 11 CJH lagi belum suntik meningitis. Dalam waktu dekat ini akan diakukan proses penerbitan Visa untuk CJH Mukomuko. ‘’Kalu soal Paspor sudah semua,” tandas Ajamalus.

Lebih lanjut dikatakannya, tahun 2019 Kemenag Mukomuko hanya memfasilitasi kegiatan manasik haji sebanyak dua kali. Ini disesuaikan dengan ketersediaan anggaran di Kemenag Mukomuko. Sedangkan untuk manasik haji tingkat Kantor Urusan Agama (KUA) yang tahun lalu dilaksanakan sebanyak 9 kali, belum kunjung ada kepastian.

“Sampai sekarang belum ada anggarannya. Kalau petunjuk teknisnya belum ada. Jangan heran nanti jika sementara ini KUA tidak memfasilitasi manasik,” papar Ajamalus.

Terkait rencana keberangkatan jadwalnya antara tanggal 13-16 Juli 2019. Baru bakal ada kepastian, setelah ada penetapan kelompok dan kloter.(hue)

Berita Lainnya

Empat PR Anggota Dewan Baru

MUKOMUKO – 24 Anggota DPRD Mukomuko periode 2019-2024, Selasa (20/8) dilantik dengan mengambil sumpah janji ...

error: Content is protected !!