Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Seluma / Rawan MP, Bawaslu Nginap di Sekalak

Rawan MP, Bawaslu Nginap di Sekalak

SIAP DIDISTRIBUSIKAN: Inilah logistik PSU di TPS 1 dan 2 Desa Sekalak, yang siap didistribusikan oleh KPU Seluma (foto: yayan/rb)

SELUMA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma memastikan, jumat (27/4) Pemungutan Suara Ulang (PSU) digelar di dua TPS, yakni TPS 1 dan 2 Desa Sekalak. Pelaksanaan PSU dinilai rawan terjadinya praktik politik uang atau money politics (MP). Karena itu Bawaslu Seluma menginap di Desa Sekalak, melakukan pengawasan penuh.

“Besok (hari ini,red) kita akan berangkat ke Desa Sekalak. Kita menginap untuk mengawasi pelaksanaan PSU yang dimungkinkan rawan terjadinya MP,’’ jelas Ketua Bawaslu Seluma, Yefrizal, SE.

Pelaksanaan PSU ini dipastikan memunculkan persaingan ketat caleg dapil 1 Seluma untuk mendulang suara. Sehingga harus dilakukan pengawasan khusus, untuk tetap menjaga terlaksananya pemilu yang jujur dan adil (jurdil). ‘’Kita ada panwascam dan panwas TPS, semua akan kita libatkan memantau dan mengawasi jalannya pelaksanaan PSU ini,’’ kata Yefrizal.

Memaksimalkan pengawasan jalannya PSU, Yefrizal telah meminjam satu unit mobil double gardan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma dan telah disetujui Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH, MH. Selain itu masih dalam rangka memaksimalkan pengawasan ini, pihaknya telah memperpanjang masa kerja pengawas TPS Desa Sekalak hingga satu bulan ke depan.

‘’Jalan menuju Desa Sekalak itu kan buruk, tidak bisa dilalui oleh mobil biasa. Jadi siang ini (kemarin siang,red) mobil pinjam pakai dari Pemkab Seluma sudah bisa kita ambil. jumat (hari ini) kita akan berangkat bersama Panwascam Seluma Utara ke Desa Sekalak,’’ terang Yefrizal.

Sementara itu, persiapan pelaksanaan PSU di TPS 1 dan 2 Desa Sekalak, Kecamatan Seluma Utara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma hari ini mendistribusikan logistik berupa 1.760 lembar surat suara pilplres, DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten Seluma. Sesuai dengan jumlah DPT Desa Sekalak sebanyak 352 mata pilih,  serta kotak suara sebanyak 10 unit.

‘’Pendistribusian logistik itu kita lakukan usai salat Jumat,’’ ucap Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi, saat ditemui di ruangan kerjanya Kamis (25/4).

Dijelaskan Sarjan, untuk alur pendistribusian logistik, dari Sekretariat KPU Seluma langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan tidak melewati Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) lagi. ‘’PPK saat ini sedang melaksanakan pleno, jadi masih sibuk. Sehingga logistik ini langsung kita distribusikan ke PPS Desa Sekalak,’’ katanya.

Lanjutnya, sama seperti pemilu sebelumnya, PSU di TPS 1 dan 2 Desa Sekalak, warga kembali akan mencoblos lima lembar surat suara. Kepada masyarakat diharapkan kembali partisipasinya untuk datang ke TPS melaksanakan pencoblosan ulang. ‘’Waktu pelaksanaan sama seperti sebelumnya mulai pukul 07.00-13.00 WIB,’’ pungkasnya.

Dilaksanakanya PSU di TPS 1 dan 2 Desa Sekalak dikerenakan adanya laporan yang diterima Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seluma yang menyebutkan bahwa ada tujuh pemilih yang ikut mencoblos, tapi bukan warga Desa Sekalak. Ketujuh warga tersebut yakni tiga orang berasal dari Kelurahan Lubuk Lintang, Kecamatan Seluma. Satu orang dari Kabupaten Bengkulu Selatan dan satu orang dari Kota Bengkulu. Ke Tujuh pemilih ini mencoblos tanpa disertai formulir pindah memilih atau formulir A5.

Atas temuan tersebut, Bawaslu Seluma merekomendasikan agar KPU Seluma melaksanakan PSU. Rekomendasi ini langsung ditanggapi oleh KPU Seluma dengan melaksanakan PSU besok.(aba)

Berita Lainnya

September, Dinsos Salurkan BPNT

SELUMA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Seluma, Ir. Titik Sumila mengatakan September ...

error: Content is protected !!