Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Berita utama / Curup – Lebong Putus

Curup – Lebong Putus

TERENDAM: Salah satu pengendara motor memaksa melewati jembatan Kelurahan Dusun Curup yang harus rela mendorong motornya karena mati mendadak. (foto: wanda/rb)

CURUP – Hujan deras yang terjadi sejak sore Jumat (26/4) sekitar pukul 17.30 WIB, berujung bencana. Selain jalan longsor di Km 34 dari arah Bengkulu-Kepahiang tepatnya di tebing Desa Bajak 1 Kecamatan Taba Penanjung, Benteng, bencana serupa juga dialami Kabupaten Rejang Lebong. Begitupun di Bengkulu Utara. Jembatan Tanjung Agung Palik tak bisa lagi dilintasi, pondasi jembatan longsor sehingga ditutup total. Artinya jalur tengah Arga Makmur-Kota Bengkulu tak bisa dilalui.

Dari informasi yang dihimpun RB beberapa titik jalan terjadi longsor di Rejang Lebong, diantaranya di Desa Taba Renah, Desa Dataran Tapus, termasuk rumah warga di Desa Kesambe Baru Kecamatan Curup Timur juga terkena longsor.

Longsor yang terjadi di wilayah Taba Renah Curup Utara, mengakibatkan 1 rumah warga roboh. Namun belum ada data yang jelas terkait informasi tersebut.

Terparah longsor di kawasan Desa Dataran Tapus. Jalan lintas Curup-Muara Aman terputus total karena material longsor dan pohon roboh menimbun badan jalan. Sedangkan untuk longsor di Desa Kesambe Baru, dialami rumah milik Amir Yusuf (65) yang berada di Gang H. Bakar Kesambe Baru. Bagian dapur rumahnya berantakan dan dinding ditimbun material tanah longsor. Kejadian longsor diketahui sekitar pukul 19.00 WIB.

‘’Kami sekeluarga baru selesai makan dan ngobrol sambil nonton di ruang tipi. Tiba-tiba ada suara seperti benda jatuh di belakang rumah dibarengi barang-barang dapur berjatuhan. Kami sekeluarga langsung melihat ke belakang rumah, ternyata sudah ada tanah memenuhi dapur. Bahkan sepeda motor sempat tertimbun, tapi sudah dievakuasi,’’ terang pemilik rumah, Amir Yusuf.

Tidak hanya bencana longsor, sejumlah wilayah juga terendam banjir langganan. Seperti Kelurahan Dusun Curup dan sekitarnya, hingga sempat memutuskan jalur lalu lintas kendaraan. Termasuk juga di Kelurahan Tempel Rejo, Kecamatan Curup Selatan, sejumlah rumah warga dan fasilitas umum direndam banjir.

‘’Kitas masih melakukan penghimpunan data dilapangan dan membagi personil untuk ke sejumlah titik bencana. Untuk alat berat sudah kita kirim ke lokasi longsor dataran tapus untuk melakukan pembersihan material,’’ terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten RL Basuki, S.Sos tadi malam.(dtk)

Berita Lainnya

Pertarungan Sengit PAN Vs Nasdem

LEBONG – Kabupaten Lebong dipastikan ikut sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Kendati ...

error: Content is protected !!