Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Tenggak 6 Pil Obat Batuk, Siswi Kritis

Tenggak 6 Pil Obat Batuk, Siswi Kritis

OVERDOSIS: Korban terkulai lemas lantaran kebanyakan menenggak obat batuk

ARGA MAKMUR – Ada-ada saja yang dilakukan oleh Bunga (17)—nama samaran, siswi SMA di Kota Arga Makmur, Bengkulu Utara (BU). Jumat (3/5) malam ia dilarikan ke RSUD M Yunus dengan kondisi kritis usai menenggak 6 butir pil obat batuk.

Diduga pil tersebut didapati Bunga dari temannya yang menyebutkan pil tersebut bisa membuat santai jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Saat itulah korban menenggak pil tersebut sebanyak 6 butir di rumahnya, pukul 19.00 WIB.

Bukannya fly, korban justru terkulai lemas di rumahnya dan keracunan. Orangtua korban yang mendapati pil tersebut di dekatnya langsung melarikan korban ke RSUD Arga Makmur.

Untungnya obat  tersebut tidak sampai merenggut nyawa korban setelah mendapatkan perawatan khusus dari dokter. Namun korban masih harus mendapat perawatan intensip di RSUD Arga Makmur untuk memastikan seluruh obat dalam tubuhnya sudah keluar hingga tak membahayakan organ dalam tubuh korban.

Kapolres Bengkulu Utara AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kasat Reskrim AKP. M Jufri, S.IK, MM mengimbau agar anak-anak usia sekolah terutama perempuan untuk hai-hati jika memang ada yang memberikan obat-obatan. Apalagi dikonsumsi dalam jumlah banyak. “Jangan sampai hal-hal yang tidak kita inginkan justru terjadi,” kata Jufri.

Ia juga meminta apotek dan toko obat untuk tidak menjual obat pada anak di bawah umur apalagi menjual dalam jumlah banyak tanpa resep dokter. Bahkan polisi akan menyelidiki jika memang masih ada apotek yang bandel tetap menjual obat tersebut.

“Jika kita temukan kasusnya akan kita dalami hingga ke tempat pembelian. Kita akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan karena pejualan obat tanpa resep dokter apalagi dalam jumlah besar jelas pelanggaran,” pungkas Jufri.(qia)

Berita Lainnya

Warga Mulai Terserang ISPA

ARGA MAKMUR – Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi seminggu ini di Kecamatan Enggano terutama ...

error: Content is protected !!