Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Bulog Siapkan 300 Ton Beras

Bulog Siapkan 300 Ton Beras

STOK BERAS: Bulog memastikan stok beras cukup dan siap melakukan operasi pasar jika harga beras tinggi lantaran ratusan hektare sawah petani gagal panen. (foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Arga Makmur Bengkulu Utara (BU) menyiapkan 300 ton beras medium untuk masyarakat BU. Dipastikan masyarakat tidak akan kekurangan pasokan beras  hingga usai Idul Fitri nanti. Hal ini lantaran pasokan beras dipastikan berkurang lantaran 300 Ha sawah gagal panen akibat banjir.

Kepala Gudang Bulog Arga Makmur, Khairudin menuturkan, stok beras di gudang Bulog sangat cukup jika memang terjadi kekurangan stok beras dari petani. Beras yang dimiliki Bulog adalah beras medium standar Bantuan Sosial (Bansos).

“Stok 300 ton itu sangat cukup. Itu sudah dengan pertimbangan tambahan kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Idul Fitri nanti,” terangnya, kemarin (5/5).

Bulog juga terus berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Satgas Pangan Polres BU. Hal ini terkait kemungkinan akan dilakukan kembali operasi pasar, termasuk pasar murah beras jika memang terjadi kenaikan harga beras.

“Kita sudah melakukan operasi pasar untuk bawang dan daging yang melonjak naik. Hal juga akan kita lakukan jika memang harga beras naik karena pasokan beras dari petani berkurang,” katanya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres BU, AKP. Jufri, S.IK yang juga tim Satgas Pangan Polres BU memastikan akan memeriksa ketersediaan gudang-gudang beras yang ada di BU. Ia tidak ingin hal ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan agar harga naik.

“Kita ketahui jika kebutuhan warga atas Sembako meningkat sepanjang Ramadan dan Idul Fitri. Kita akan cek gudang-gudang Sembako yang ada di BU,” tegas Kasat.

Sekadar mengetahui, setidaknya ada 300 Ha sawah siap panen yang gagal panen lantaran banjir. Itu belum termasuk stok-stok padi di rumah warga yang yang siap giling ikut tergenang akibat banjir. Hal ini dipredikasi akan membuat pasokan beras dari petani di BU jelang Idul Fitri ini akan menurun dan bisa berdampak dengan kenaikan harga. (qia)

Berita Lainnya

Pesawat 9 Penumbang Kembali Menuju Enggano

ARGA MAKMUR – Meskipun hanya satu kapal motor yang bisa mengangkut penumpang dari Kota Bengkulu ...

error: Content is protected !!