Jumat , 24 Januari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Distan Verifikasi KCP Bantuan Sapi

Distan Verifikasi KCP Bantuan Sapi

MUKOMUKO – Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko segera

melakukan verifikasi data kelompok calon penerima (KCP) bantuan ternak sapi. Ini diusulkan untuk dapat bantuan 50 ekor sapi dari pemerintah.

“Kami upayakan dalam waktu dekat kita akan melakukan verifikasi kelompok tani calon penerima bantuan,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Mukomuko, Warsiman, S.Pt.

Kegiatan verifikasi yang dilakukan, untuk memastikan kelompok tersebut memenuhi syarat atau tidak. Tentunya sebagai penerima bantuan ternak sapi dari pemerintah. Kelompok tani yang menerima bantuan ini harus sudah berbadan hukum dan terdaftar di Badan Penyuluhan Peternakan (BPP).

Selain itu, lanjut Warsiman, kelompok tani juga harus miliki lahan khusus untuk lokasi kandang sapi. Lokasi kandang sapi, tentu harus berada jauh dari pemukiman penduduk.

“Yang terpenting kelompok tani tersebut harus bersedia memelihara sapi tanpa harus melepasliarkan ternaknya. Makanya untuk calon penerima kita prioritaskan kepada kelompok yang jauh dari pusat kota,” terang Warsiman.

Sedangkan bantuan sapi untuk kelompok ini, sistemnya bergulir. Setiap kelompok mendapatkan bantuan sapi sebanyak 10 ekor. Sehingga jumlah kelompok yang bakal mendapat bantuan nanti sebanyak 5 kelompok.

Kemudian kelompok tani yang berhasil mengembangbiakkan hewan ternak ini, nantinya harus bersedia menggulirkan sapi kepada kelompok tani lain yang belum dapat. “Kami terapkan cara ini agar semua kelompok tani bisa dapat bagian sapi bantuan dari pemerintah,” tukasnya.(hue)

Berita Lainnya

Kontraktor Galian C di Mukomuko Tidak Patuh Pajak

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko kehilangan sumber Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak mineral bukan logam ...

error: Content is protected !!