Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Kaur / Meski Mahal Daging Diserbu

Meski Mahal Daging Diserbu

DAGING : Nampak warga Kaur antusias berbelanja di pasar daging dadakan di Bintuhan Minggu (5/5). (foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – H-1 puasa, harga daging di Kabupaten Kaur naik menjadi Rp 150 ribu per kilogram. Dari sebelumnya hanya Rp 120 ribu per kilogram. Meskipun mahal, warga tetap menyerbu lapangan Merdeka yang menjadi tempat penjualan daging dadakan. Demi untuk memenuhi kebutuhan lauk saat sahur di hari pertama hari ini. Ini juga sudah menjadi tradisi warga di Kaur.

Minggu (5/5) kemarin ada 50 ekor sapi dan kerbau yang dipotong oleh puluhan pedagang daging dadakan. Mereka adalah pedagang yang datang dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Kaur Selatan dan sekitarnya. Yang kerap mencari keuntungan dengan menjual daging saat masuk bulan puasa. Pasalnya selain harga yang naik, jumlah pembeli daging pada saat awal bulan puasa biasanya meningkat hingga 100 kali lipat dari hari biasanya.

Sejak pukul 03.00 WIB hingga kemarin sore pasar daging di wilayah Bintuhan terutama di Lapangan Merdeka Kecamatan Kaur Selatan ramai dikunjungi warga.

“Untuk harga daging satu kilonya Rp 150 per kilo, tulang Rp 80 ribu, untuk kulit itu Rp 50 ribu satu kilonya. Harga ini naik Rp 20 ribu dari harga biasanya untuk daging segar,” ungkap Iguk salah satu pedagang daging dadakan Minggu (5/5).

Netti salah satu ibu rumah tangga di Kaur Selatan mengatakan, sudah menjadi kebiasaan memasuki puasa mengkonsumsi daging untuk santap sahur bersama. Makanya berapapun daging yang dijual biasanya tetap habis. Karena memang peminat daging di Kaur cukup tinggi dan kegiatan ini hanya tiga kali dalam satu tahun.

“Kalau puasa awal sudah biasa kita beli daging dan buat sop daging di sini jadi sudah biasa. Sejak pagi kita ke pasar gading dadakan untuk mendapatkan daging segar. Karena di Kaur ini tidak setiap hari kita bisa mendapatkan daging segar, kalau pun ada yang jual tidak seperti ini,” kata Netti kepada RB.

Dibandingkan dengan ayam atau ikan pada puasa pertama di Kaur jualan daging segar lebih laris. Walau pun untuk harga cukup tinggi, karena ayam bisa kapan saja ada di Kaur. Sama dengan harga daging untuk ayam potong di Kaur juga sudah mengalami kenaikan jelang puasa. Kalau biasanya Rp 35 hingga Rp 40 ribu saat ini sudah Rp 50 ribu per kilonya. (cik)

Berita Lainnya

Uang Dipindahkan ke Rekening Pribadi

KOTA BINTUHAN – Sepertinya, dalam dugaan korupsi dana desa (DD) di Desa Papahan Kecamatan Kinal, ...

error: Content is protected !!