Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Berita utama / Kebut Pembebasan Lahan Jalan Tol

Kebut Pembebasan Lahan Jalan Tol

Rohidin Mersyah

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta agar proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol dipercepat. Agar pelaksanaan fisik yang ditargetkan Juli mendatang dari Kementerian PUPR tepat waktu. Tidak mengalami pemunduran jadwal.

“Pastikan sesuai target kita harus groundbreaking. Tidak boleh mundur jika perlu nginap di Kebun Sawit,  ini bentuk kesungguhan kita, clear Tol harus jalan,” kata Rohidin.

Menurutnya, bila proses pembebasan lahan untuk pembangunan Proyek Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau khususnya trase awal Kota Bengkulu Taba Penanjung, bisa dipercepat dan tidak ada hambatan, maka pelaksanaan groundbreaking proyek Jalan Tol ini dapat dilaksanakan pada Juni mendatang.

Rohidin juga meminta kepada OPD agar terus memantau perkembangan dan selalui berkoordinasi dengan Pelindo terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pulau Baai. Serta Kementerian Keuangan agar KEK Pulau Baai, juga masuk dalam program insfrastruktur nasional ini dapat terealisasi demi peningkatan ekonomi Provinsi Bengkulu.

“Ini tidak boleh diam, ibarat orang jika terus diingatkan pasti akan aktif lagi, akan semangat lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim Persiapan Pengadaan Lahan Hamka Sabri mengatakan tim masih melakukan pendataan awal sekaligus verifikasi di lapangan dengan mengacu pada dokumen perencanaan awal. Dari dokumen perencanaan awal ada 270,98 hektare area (ha) lahan dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol trase pertama. Lahan ini harus diverifikasi terlebih dulu baik kepemilikan maupun tanam tumbuhnya. Hasil verifikasi akan menjadi bahan konsultasi publik dengan Warga Terdampak Pembangunan (WTP).

“Masih pendataan WTP. Mudah-mudahan Insya Allah Mei keluar Penetapan Lokasi (penlok) untuk tahap pertama Betungan-Taba Penanjung, sebagai output dari kerja tim kita,” ujarnya.

Kecamatan dilewati untuk trase pertama ini, terang Hamka, yaitu Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, dan selebihnya kecamatan berada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Terdiri dari Kecamatan Talang Empat dengan desa yang dilalui yaitu Air Sebakul, Padang Ulak Tanjung, dan Jumat. Kemudian Kecamatan Karang Tinggi dengan desa dilalui yaitu Desa Penanding, Kecamatan Taba Penanjung yaitu Desa Sukarami, dan Kecamatan Semidang Lagan yaitu Desa Lagan. “Ada kecamatan yang sudah tuntas, dan ada yang belum. Masih berjalan pendataan WTP,” demikian Hamka. (key)

Berita Lainnya

Modus Cari Kontrakan, Motor Dibawa Kabur

KOTA MANNA – Naas dialami Agung Wahyudin (19) warga kelurahan Tanjung Mulia, Pasar Manna. Pasalnya, ...

error: Content is protected !!