Rabu , 13 November 2019
Home / Daerah / Lebong / Tetap Usung Lebong Bebas Banjir

Tetap Usung Lebong Bebas Banjir

Eddy Ramlan

PELABAI – Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Kabupaten Lebong tetap akan melanjutkan pembangunan aliran sungai agar Lebong bebas banjir. Termasuk menyelamatkan Lebong dari krisis air bersih.  Sesuai program unggulan Dinas PUPRHub sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebong 2016-2021.

Pembangunan saluran air itu sudah mulai dilaksanakan sejak 2016. Bahkan tahun ini, PUPRHub kembali akan membangun pelapis bantaran sungai di beberapa titik aliran Sungai Ketahun dan Sungai Kotok. Soalnya kedua sungai itu hingga saat ini masih menjadi faktor utama penyebab banjir di Kabupaten Lebong. ‘’Sampai tahun 2021, kalau bisa Lebong sudah bebas dari masalah banjir,’’ kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPRP Kabupaten Lebong, Ferdinan Agustian, ST.

Di sisi lain, Agustian juga mengimbau agar masyarakat dapat mendukung program Lebong bebas banjir. Salah satunya tidak merusak hutan atau membangun rumah di sekitaran Daerah Aliran Sungai (DAS). Termasuk tidak membuang sampah ke sungai atau aliran drainase. ‘’Tidak dapat dipungkiri, kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai telah terbukti memicu banjir,’’ terang Agus.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si memastikan, seluruh rencana kegiatan tahun 2019 sudah harus diusulkan dalam perumusan RAPBD 2019 yang saat ini tengah dirangkum di Bappeda. Khusus untuk masalah penanganan banjir, dipastikannya program itu termasuk salah satu program yang diprioritaskan Pemkab Lebong. ‘’Perlu kita kaji bersama, Lebong ini kaya sumber air, namun masih kesulitan air bersih. Justru hanya keciprat banjirnya saja,’’ tandas Eddy.(sca)

Berita Lainnya

Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Boleh Daftar Calon Pegawai Negeri Sipil

PELABAI – Dalam pelaksanaan seleksi penerimaaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, Pemerintah Kabupaten ...

error: Content is protected !!