Kamis , 23 Mei 2019
Home / Pemilu / Kasus Penggelembungan Suara Masuk ke Polres

Kasus Penggelembungan Suara Masuk ke Polres

LIMPAHKAN: Sentra Gakkumdu Seluma saat menyerahkan berkas dugaan penggelembungan suara PPK Ulu Talo ke Polres Seluma, Jum’at (10/5).(foto: yayan/rb)

SELUMA – Setelah melakukan pemeriksaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ulu Talo, akhirnya Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Seluma melimpahkan perkara dugaan pengglembungan suara di Kecamatan Ulu Talo ke Polres Seluma. Gakkumdu memastikan tindakan penggelembungan suara Caleg DPR RI dari Gerinda nomor empat sengaja dilakukan PPK Ulu Talo.

‘’Statusnya naik ke penyidikan. Karena itu perkara ini kami limpahkan ke Polres Seluma. Karena wewenang untuk melakukan penyidikan dugaan tindak pidana Pemilu ada di pihak kepolisian,’’ terang anggota Sentra Gakkumdu Seluma dari unsur Bawaslu, Suryadi, M.Ag, kepada RB Jum’at (10/5).

Dijelaskan Suryadi, dari pemeriksaan yang dilakukan penggelembungan tersebut telah mengarah. Namun karena Gakkumdu tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penyidikan, sehingga penanganan perkaran ini lebih jauh diserahkan ke penyidik Polres Seluma.

‘’Laporan resmi telah kita sampaikan ke SPKT Polres Seluma. Berikut berkas hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Gakkumdu, semua telah diserahkan kepada tim penyidik Polres Seluma,’’ kata Suryadi.

Terpisah, Kapolres Seluma AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik melalui Kasat Reskrim, AKP. Rizka Fadhilah, SH, S.Ik mengatakan pihaknya siap melakukan penyidikan. Sesuai dengan amanah yang diminta dan diserahkan Sentra Gakkumdu Seluma.

‘’Kita segera jadwalkan pemeriksaan lima anggota PPK Ulu Talo. Kita juga akan pulbaket  terkait dugaan pengglembungan suara ini,’’ sampai Rizka.

Sebagaimana diketahui, saat rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan perolehan suara caleg tingkat kabupaten pada Minggu (5/5) malam, diketahui adanya perubahan data perolehan suara. Itu dilakukan oleh PPK Ulu Talo pada Formulir Model DA1 untuk suara caleg DPR RI dari Partai Gerindra nomor urut 4. Di Formulir Model DA1 yang direkap oleh PPK Ulu Talo tertulis perolehan suara caleg tersebut sebanyak 1.137 suara, sedangkan formulir salinan C1 yang dipegang saksi parpol hanya tercatat 185 suara. Terjadi penggelembungan sebanyak 952 suara di 22 TPS dari 13 desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Ulu Talo.(aba)

Berita Lainnya

Belum Penuhi Panggilan Polisi

SELUMA – Pemeriksaan terhadap salah satu caleg DPR RI berinisial Li, gagal dilakukan oleh tim ...

error: Content is protected !!