Sabtu , 19 Oktober 2019
Home / Berita utama / Maksimalkan t-Money Jadi Alat Pembayaran

Maksimalkan t-Money Jadi Alat Pembayaran

BARU: Direktur Umum Bank Bengkulu Joni Haryanto menunjukkan cara penggunaan aplikasi t-money kepada Asisten II Setda Provinsi Yuliswani. (foto: komy/rb)

BENGKULU – Mengikuti revolusi industri 4.0 dan perkembangan fintech di era digital, Bank Bengkulu terus berinovasi. Teranyar, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbesar di Bengkulu ini meluncurkan tiga layanan baru.

Ketiga layanan itu yakni t-Money, Prioritas dan multibiller. Peluncuran berlangsung Jumat (10/5) di halaman Graha bank Bengkulu. Selain itu, Bank Bengkulu juga tengah menyiapkan aplikasi mobile banking untuk nasabah.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai dan bisa digunakan. Layanan digital menunjukkan bahwa Bank Bengkulu sudah siap ditengah persaingan dengan bank-bank nasional lainya,” kata Direktur Utama Bank Bengkulu H. Agusalim, SE, ME, disela launching.

Agusalim yang didampingi Direktur Umum Joni Haryanto, Pemimpin Divisi Corporate Secretary Roby Wijaya dan Wakil Pemimpin Divisi Pemasaran dan Kredit Iswahyudi  mengatakan, perubahan zaman yang berlangsung cepat di era digital harus disikapi dengan inovasi.

Menurutnya, jika diperhatikan sekarang ini di bank antrean sudah semakin sedikit. Karena banyak nasabah sudah memanfaatkan channel digital, salah satunya menggunakan smartphone. “Masuknya fintech yang hadir mewarnai keuangan di Indonesia membuat masyarakat tidak butuh bank secara fisik. Tapi aktivitasnya yang menjadi tujuan,” kata Agusalim.

Aplikasi t-Money

Untuk aplikasi t-Money, Bank Bengkulu menggandeng PT. Telkom sebagai partner. Aplikasi diluncurkan sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan nasional pembayaran nontunai yang dicanangkan bank Indonesia sejak tahun 2014.

Khusus t-Money, tidak harus nasabah Bank Bengkulu yang bisa memanfaatkan layanan ini. Syaratnya harus memiliki ponsel berbasis Android. Aplikasinya bisa diunduh di Google PlayStore hanya dengan mengetik pencarian t-Money Bank Bengkulu.

Setelah mendaftarkan akun baru menggunakan nomor ponsel dan email, setelah verifikasi maka aplikasi t-Money bisa digunakan. Dari aplikasi ini ada banyak transaksi yang bisa dilakukan hanya dengan ujung jari.

Ada layanan isi pulsa, paket data, pembayaran pasca bayar provider, beli voucher game, beli token dan bayar tagihan PLN, pembayaran PDAM, bayar iuran BPJS Kesehatan, IndiHome, TV berbayar,donasi, transportasi, cicilan ke leasing, pembelian tiket hingga bayar kartu kredit.

Selain itu pengguna t-Money juga bisa bertansaksi ke merchant-merchant yang sudah kerjasama dengan Bank Bengkulu. “Secara bertahap kita terus menambah merchant untuk bekerjasama. Sementara di Kota Bengkulu dulu. Kedepan baru dikembangkan ke kabupaten lain,” terang Agusalim.

Multibiller Via ATM

Layanan multibiller sudah bisa diakses di seluruh jaringan ATM Bank Bengkulu. Bank Bengkulu telah bekerjasama dengan salah satu penyedia tagihan (billing provider) untuk mengembangkan layanan teknologi dalam rangka kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi pembayaran listrik, PDAM, telepon, internet, multi finance, televisi, tiket dan lainnya secara cepat dan efisien.

“Nasabah Bank Bengkulu dapat membayar rekening tagihannya dimana saja, kapan saja, melalui ATM Bank Bengkulu. Layanan multibiller ini akan segera dihadirkan juga di aplikasi Mobile Banking Bank Bengkulu.

“Dengan adanya inovasi digital ini, Bank Bengkulu sebagai “Bank” akan tetap menjadi bank, sebagai lembaga keuangan/perbankan bagi pembangunan dalam era otonomi daerah. Bank Bengkulu sejatinya tetap akan menyediakan layanan perbankan secara fisik,” kata Agusalim.

Layanan Prioritas

Khusus layanan Prioritas yang seyogyanya sudah dibuka sejak beberapa bulan lalu, merupakan program untuk nasabah “VIP” Bank Bengkulu. Syarat menjadi nasabah Prioritas adalah memiliki tabungan yang setiap bulannya “mengendap” minimal Rp 500 juta di rekening Bank Bengkulu. Rekening bukan jenis tabungan Simpel dan Tabunganku.

Nasabah Prioritas memiliki keistimewaan dengan mendapatkan pelayanan yang lebih cepat untuk menarik uang dalam jumlah besar. Ruang tunggunya kelas VVIP dan pelayanan dilakukan khusus oleh Priority Banking Officer (PBO). Jumlah nasabah Prioritas ini sekitar 20 persen dari total nasabah Bank Bengkulu.

Di Graha Bank Bengkulu, ruangan nasabah Prioritas didesain senyaman mungkin. Ada layanan kotak penyimpanan (deposit bank) yang terjamin keamananya. Lalu ada layanan parkir khusus, meeting room gratis dan lain-lain.

“Kedepannya di setiap cabang pembantu ada ruang khusus nasabah Prioritas. Dengan pelayanan yang terbaik, kami berharap nasabah akan lebih loyal,” jelas Agusalim.

Kepuasan menjadi nasabah Prioritas Bank Bengkulu diungkapkan Rumi Atena. Pengusaha bidang perkebunan ini berterima kasih mendapat pelayanan yang sangat baik dari Bank Bengkulu. “Tempatnya nyaman, servisnya memuaskan dan cepat. Kebetulan saya hanya menabung di Bank Bengkulu,” ungkap Rumi yang membuka rekening di Cabang Pagar Dewa ini.

Sementara itu Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Yuliswani, SE, MM menyampaikan, Pemprov Begkulu mengapresiasi upaya digitalisasi yang dilakukan Bank Bengkulu. “Untuk kemajuan Bank Bengkulu, semua harus satu visi. Lakukan inovasi-inovasi baru agar tidak tertinggal dengan bank-bank lainnya,” kata Yuliswani.

Pada kesempatan itu Yuliswani juga sempat melakukan tour ke dalam ruang Prioritas Bank Bengkulu. Lalu ke bazar kuliner Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) yang melayani pembelian dengan menggunakan t-money atau pembayaran tunai lainnya. Seperti menggunakan kartu debit dan kredit.(ken)

Berita Lainnya

Wujudkan SDM Unggul, AHM Gelar Kompetisi Siswa dan Guru SMK se-Indonesia

JAKARTA- PT Astra Honda Motor (AHM) menguji keterampilan siswa serta para guru Sekolah Menengah Kejuruan ...

error: Content is protected !!