Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / 7 Kecamatan Laporkan Kerusakan Pertanian

7 Kecamatan Laporkan Kerusakan Pertanian

RUSAK: Beberapa lahan pertanian yang rusak akibat bencana alam sudah didata oleh Pemkab Benteng melalui OPD terkait.(foto: fintah/rb)

BENTENG – Sejumlah lahan pertanian dipastikan mengalami kerusakan akibat bencana alam. Baik itu perkebunan hingga persawahan rusak dihantam banjir, termasuk sarana dan prasarananya. Sebanyak 7 kecamatan sudah melaporkan kerusakan lahan pertanian akibat bencana alam.

Kecamatan tersebut antara lain Taba Penanjung, Karang Tinggi, Bang Haji, Merigi Kelindang, Merigi Sakti, Pondok Kelapa dan Pondok Kubang. Sarana pertanian yang rusak juga ikut didata, antara lain dam parit, embung bahkan lahan pertanian milik masyarakat.

Plt. Sekda Benteng, Edy Hermansyah, P.hD menjelaskan, kerusakan lahan pertanian beserta sarananya memang menjadi pekerjaan yang harus dipulihkan dalam waktu dekat. Hal tersebut berkaitan dengan perekonomian masyarakat secara langsung.

“Sarana penunjang pertanian juga harus diperbaiki, supaya lahan bisa digarap kembali pascaterjadinya bencana,” jelasnya, Minggu (12/5).

Beberapa jenis kerusakan semuanya hampir sama. Sarana pertanian banyak yang tertimbun longsor atau tertimbun lumpur. Seperti di lahan persawahan di Kecamatan Taba Penanjung, irigasi sudah tertutup penuh dengan lumpur dan tidak kelihatan sama sekali. Ada juga perkebunan warga yang tanamannya terbawa arus banjir.

Sementara itu, Bagian Prasarana Pertanian Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Benteng, Hendra Putra Kelana, SH mengatakan, pihaknya juga sudah mendata beberapa kerusakan. Untuk 7 kecamatan tersebut memang sudah dilaporkan dan sudah dikoordinasikan dengan Barenlitbang Benteng.

Harapan terutama dari para petani memang sarana pertanian yang rusak bisa segera diperbaiki. Hal ini berkaitan erat pada para petani dalam mengelola lahan pertanian ataupun persawahan. “Perlu diperbaiki secepatnya supaya petani bisa kembali mengelola lahannya,” demikian Hendra. (vla)

Berita Lainnya

Badan Anggaran Dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Mulai Bahas Kebijakan Umum Anggaran- Prioritas Plafon Anggaran Sementara

BENTENG – Badan Anggaran DPRD Benteng dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Selasa (22/10) mulai membahas ...

error: Content is protected !!