Kamis , 23 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Bupati Sampaikan Nota Penjelasan 3 Raperda

Bupati Sampaikan Nota Penjelasan 3 Raperda

RAPERDA: Bupati BS Gusnan Mulyadi menyampaikan tiga nota Raperda di hadapan DPRD BS, Senin (13/5).(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi, SE, MM menyampaikan nota penjelasan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sekaligus di hadapan paripurna DPRD BS, Senin (13/5).

Ketiga Raperda tersebut, yakni Raperda Perubahan atas Perda No. 01 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, Raperda Perubahan atas Perda No. 04 tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu dan terakhir Raperda perubahan atas Perda No. 02 tahun 2013 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan.

Ketiga Perda itu dipandang perlu dilakukan perubahan, lantaran sudah tidak sesuai lagi dengan peraturan perundang-undangan di atasnya. Contohnya, Perda Pajak daerah yang mengatur tentang objek pajak golf wajib dihapus berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi.

Lalu pembagian urusan Bidang ESDM yang pindah di bawah naungan provinsi mewajibkan penetapan patokan harga mineral bukan logam dan batuan serta nilai perolehan air tanah yang selama ini masuk dalam objek pajak daerah berdasarkan Pera No. 01 tahun 2011 juga perlu dilakukan perubahan.

Kemudian penerbitan perizinan perikanan tangkap dengan kapasitas 5 hinga 30 GT yang selama ini jadi wewenang kabupaten, dipindahkan menjadi wewenang provinsi. Lalu  perubahan Kepmendagri yang mewajibkan Pemkab menghapus retribusi dari izin gangguan. Selain itu ada beberapa potensi pajak daerah yang belum diatur Perda. Adalah pajak parkir.

Dalam draft juga diusulkan perubahan Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP) PBB sebesar Rp 20 juta. Ini diusulkan dirubah menjadi Rp 10 juta.

‘’Kepada sekda dan jajarannya saya minta untuk mencari sumber-sumber PAD yang inovatif. Tapi harus tetap sesuai dengan peraturan demi meningkatkan PAD BS,” papar Gusnan.

Dalam kesempatan itu, Gusnan juga berharap kepada DPRD dan semua pihak agar menyampaikan masukan-masukan guna meningkatlan PAD. Rapat paripurna yang dimulai pukul 09.00 WIB itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD BS, Yevri Sudianto dan dihadiri wakil ketua dan anggota serta pejabat di lingkungan Pemkab BS.(tek)

Berita Lainnya

Ratusan Kendaraan Plat Merah Nunggak Pajak

KOTA MANNA – Pihak Samsat Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) memastikan usai Lebaran Idul Fitri 1440 ...

error: Content is protected !!