Jumat , 6 Desember 2019
Home / Metropolis / Kawasan Pasar Bengkulu Jadi Destinasi Wisata

Kawasan Pasar Bengkulu Jadi Destinasi Wisata

EKSPOS: Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan menggelar pertemuan bersama rombongan Kementerian PUPR membahas program kawasan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Senin (13/5). (foto: wahyu/rb)

BENGKULU – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan membangun kawasan wisata pantai tampaknya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya Senin (13/5), di ruang kerja Walikota diadakan rapat pertemuan dengan Kementerian PUPR beserta Islamic Development Bank (IDB) membahas program kawasan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Dalam ekspos tersebut terungkap, bahwa kawasan Pasar Bengkulu dan Kampung Kelawi salah satu dari sejumlah kelurahan yang termasuk dalam lokasi penanganan kumuh nasional di Kota Bengkulu. Selain itu kawasan Pasar Bengkulu juga dipusatkan akan menjadi kawasan destinasi wisata Bengkulu.

Disampaikan Walikota, H. Helmi Hasan, SE, pihak Kementerian PUPR dan IDB menyambut positif usulan dari Pemkot beberapa waktu lalu berkaitan pembangunan taman wisata. “Kita berharap kawasan Pasar Bengkulu menjadi kawasan destinasi wisata terbaik, ada pusat kuliner serta taman air di kawasan itu. Dengan harapan bila kawasan itu ditata dengan baik, maka sejumlah wisatawan lokal domestik ataupun manca negara akan berkunjung,” terang Helmi.

Menurut Helmi, bahwa taman wisata kawasan Pantai Pasar Bengkulu akan segara dibangun. Rencana pembangunan itu diharapkan tahun 2020 mendatang dimulai. “Dari ekspos tadi Senin (13/5) kita bersama menyambut baik dan tertarik. Apalagi kawasan Pasar Bengkulu itu kawasan strategis untuk dijadikan destinasi kawasan wisata andalan nantinya,” tuturnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Bengkulu, I Made Ardana, ST mengungkapkan, Pemkot menyambut baik program dari Kementerian PUPR berkaitan dengan penataan kawasan kumuh. Kali ini menurutnya, untuk penataan kawasan kumuh akan dilakukan di Kelurahan Pasar Bengkulu dan Kampung Kelawi.

“Kita sangat mendukung, karena penataan kawasan kumuh akan memberi manfaat yang besar. Sebab tadinya penghasilan masyarakat kurang, nantinya bisa menambah penghasilan. Karena kawasan itu nantinya akan dijadikan destinasi wisata baru. Yang mudah-mudahan bisa diterima masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota, Suimi Fales, SH, MH mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh terkait rencana pembangunan kawasan wisata tersebut agar dikelola lebih baik lagi.  “Karena yang jelas memang kondisi tempatnya yang strategis bila dikelola dengan baik, sehingga menghasilkan PAD yang bagus buat daerah ini. Maka dari itu jika rencana itu memang benar-benar jadi. Sebaiknya Pemkot menyampaikan konsepnya seperti apa, agar dilakukan pembahasan lebih dalam,” terangnya. (new)

Berita Lainnya

Bersih Pantai TNI dan Pemda, Peringati Hari Juang Kartika

BENGKULU– Memperingati HUT TNI Angkatan Darat ke -74 tahun 2019, Komando Distrik Militer (KODIM) 047 ...

error: Content is protected !!