Senin , 21 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Ribuan Alsintan Untuk Petani Benteng

Ribuan Alsintan Untuk Petani Benteng

Supawan Said

BENTENG – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Benteng, menyediakan dan memberikan bantuan alat sarana pertanian (Alsintan) untuk petani yang jumlahnya mencapai ribuan unit.

“Untuk alat pertanian tersebut yakni Power Tresser yang mencapai 100 unit,” terang Kepala Distanak Benteng, DDrs.Supawan Said.

Dijelaskannya, hal tersebut untuk perlengkapan pendukung pertanian. Selain itu, ada juga handtractor. Untuk Handtractor jumlah permintaan yang diajukan ke pemerintah pusat mencapai 200 unit dan diperkirakan pertengahan tahun bisa direalisasikan. Karena, menurut Supawan, sarana pendukung untuk pengolahan lahan pertanian ini, baik itu lahan persawahan atau lahan darat dinilai sangat penting.

Tanpa bantuan peralatan, pengolahan lahan pertanian tidak atau bisa kurang maksimal. Makanya perlu sekali untuk membantu petani dan bisa menghemat tenaga bahkan biaya.

Adapun untuk power treser ini banyak digunakan dan difokuskan untuk lahan pertanian darat. Di Kabupaten Benteng, ada seluas 2.250 hektare lahan tanaman padi darat.

Peralatan lain yang juga diusulkan adalah Cultivator. Pada alat ini, banyak digunakan petani untuk tanaman palawija. Seperti di beberapa kecamatan antara lain, Pondok Kubang, petani palawija sudah mulai memanfaatkan lahan yang tidak tergarap optimal. Dengan bantuan cultivator, pengolahan lahan akan menjadi lebih mudah.

“Semua alat difungsikan untuk peningkatan hasil pertanian,” demikian Supawan.(vla)

Berita Lainnya

Pengacara Kades Mengundurkan Diri

BENTENG – Pengacara Kepala Desa (Kades) non aktif, salah satu desa di Kecamatan Talang Empat ...

error: Content is protected !!