Kamis , 23 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Tahun Terakhir Rekrut Honorer

Tahun Terakhir Rekrut Honorer

Hidayattullah sjahid

KEPAHIANG – Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM menegaskan bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir bagi para honorer di lingkungan Pemkab Kepahiang. Pasalnya mulai tahun depan, Pemkab Kepahiang mulai memberlakukan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kendati demikan Bupati mengatakan, ada beberapa tenaga honorer yang masih dipertahankan, seperti sopir, jaga malam, caraka, pramusaji, dan cleaning service. Selain itu ada satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diperbolehkan tetap menggunakan jasa tenaga honorer, yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat terkait peningkatan sumber daya manusia, mulai tahun depan tidak ada lagi honorer karena sudah kita ganti dengan P3K, melalui rekrutmen dan tes. Hanya ada beberapa honorer yang masih tetap dipekerjakan untuk bidang tertentu,” jelas Bupati, Senin (13/5).

Terkhusus untuk DLH, sambung Bupati, dengan sistem perekrutan P3K yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan kesetaraan honor Rp 1,8 juta per bulannya, tidak mungkin Pemkab membuka perekrutan P3K untuk petugas kebersihan.

“Kan lucu kalau ada yang melamar menjadi petugas kebersihan di DLH, tapi harus dites dengan sistem CAT. Hal inilah yang menjadi pertimbangan untuk DLH kita spesialkan tetap menggunakan jasa honorer,” ujar Bupati.

Terkait prioritas perekrutan P3K nantinya, Bupati mengatakan lebih mengutamakan untuk formasi guru bantu dan tenaga kesehatan. Hal ini mengingat kondisi yang dialami Kabupaten Kepahiang saat ini, kebutuhan akan kedua tenaga tersebut sangat prioritas, dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Untuk guru bantu dan tenaga medis, akan kita prioritaskan dalam perekrutan P3K ke depan. Termasuk dengan tenaga administrasi lainnya, sesuai dengan kebutuhan masing-masing OPD. Saat ini kita masih lakukan pembahasan di tatanan OPD mengenai kebutuhan tersebut,” demikian Bupati. (sly)

Berita Lainnya

2 Pria dan 1 IRT Dibekuk

KEPAHIANG –Sat Resnarkoba Polres Kepahiang kembali berhasil mengungkap jaringan peredaran narkoba di kabupaten ini. Kali ...

error: Content is protected !!