Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 2 Perahu Karam, Kerugian Rp 27 Juta

2 Perahu Karam, Kerugian Rp 27 Juta

MENDARAT: Nelayan Ipuh saat mendarat di Muara Pantai Batu Kumbang Pulau Baru, Ipuh, guna menjual hasil tangkapannya. (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Sepanjang tahun 2019 ini, terdata dua kapal nelayan karam di lautan. Kerugian yang dialami nelayan ditaksir mencapai Rp 27 juta lebih. Ini diungkap Kabid Perikanan Tangkap DKP Mukomuko, Nasyyardi, S.Pi, Selasa (14/5).

Kasus pertama terjadi pada bulan Februari 2019. Kejadian karam dialami kapal milik Junaidi, warga Pantai Indah Mukomuko (PIM) Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko. Beruntung tidak sampai menelan korban jiwa. Namun kerugian yang dialami korban ditaksir mencapai hingga Rp 12 juta.

Kejadin kedua, pada bulan Maret 2019. Nelayan yang mengalami nasib naas ini, Febri, juga nelayan PIM Kota Mukomuko. Dari kejadian tersebut, korban mengalami kerugian hingga sekitar Rp 15 juta. Namun beruntung, peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Kerugian disebabkan kapal milik nelayan rusak. Ditambah lagi peralatan tangkap ikan milik nelayan hilang ditelan ombak,” kata Kabid.

Untuk penyebab karam, umumnya dikarenakan badai ditambah gelombang pasang tinggi. Namun Nasy optimis, tahun ini angka kecelakaan di laut yang menimpa nelayan dapat ditekan habis.

Perbandingan kasus kecelakaan di laut tahun 2018 mencapai 9 kejadian. Dengan satu orang korbannya meninggal dunia. Kerugian materiil mencapai Rp 186 juta.

Untuk menekan terjadinya angka kecelakaan ini, pihaknya terus mengingatkan kepada semua nelayan.

Mulai dari ketua nelayan, ketua kelompok nelayan hingga pemerintah desa. Supaya nelayan meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati saat beraktivitas. Terlebih lagi ketika sedang terjadi cuaca tidak baik.

“Selalu kami ingatkan supaya pada saat cuaca buruk, nelayan diminta untuk tidak melaut dulu. Walaupun cuaca sedang baik, nelayan yang menjalankan aktivitasnya harus tetap menggunakan alat pengaman baik seperti baju pelampung atau alat pengaman lainnya, yang dapat mengapung di air,” tandasnya. (hue)

Berita Lainnya

Daftar Sekarang, Berangkat Haji 14 Tahun Lagi

MUKOMUKO – Daftar tunggu keberangkatan calon jamaah haji (CJH) Mukomuko, kini sudah mencapai 2.605 orang. ...

error: Content is protected !!