Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Jaksa Akan Ekspos Kasus DD Karya Pelita

Jaksa Akan Ekspos Kasus DD Karya Pelita

Fatkhuri

ARGA MAKMUR – Kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) Karya Pelita, Kecamatan  Marga Sakti Sebelat (MSS) tidak kunjung tuntas. Hasil audit kerugian negara sudah diterima jaksa dan mengindikasikan adanya kerugian negara dalam pelaksanaan DD Karya Pelita 2017.

Kepala Kejari BU, Fatkhuri, SH mengatakan kasus ini selangkah lagi akan menemui titik terang. Ia akan segera meminta penyidiknya melakukan ekspos terkait hasil pemeriksaan, baik itu keterangan saksi, dokumen maupun hasil audit.      “Setelah ekspos nanti akan kita lihat siapa yang bertanggungjawab yang akan kita tetapkan sebagai tersangka,” katanya.

Dalam ekspose akan terlihat apa yang menyebabkan terjadinya kerugian negara dan siapa yang bertanggungjawab. Meski demikian jaksa sendiri sejak awal sudah memiliki orang yang diduga kuat akan menjadi tersangka lantaran bertanggungjawab dalam pengelolaan keuangan DD tersebut. “Dalam ekspos nanti juga diketahui apakah ada pihak lain yang ikut serta menikmati atau menyebabkan kerugian negara tersebut,” jelasnya.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, penyidik akan memanggil tersangka untuk menjalani pemeriksaan. Penyidik juga akan memutuskan apakah akan dilakukan penahanan atau tidak. Meskipun berkaca dari kasus-kasus sebelumnya, setiap pemanggilan tersangka jaksa selalu melanjutkan dengan penahanan. “Kita melakukan penahanan dengan pertimbangan mempercepat proses hukum. Namun itu kewenangan penyidik yang menetapkan penahanan atau tidak,” pungkas Fatkhuri.(qia)

Berita Lainnya

THR ASN Dibayarkan Senin

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) akan membayarkan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya ...

error: Content is protected !!