Minggu , 26 Mei 2019
Home / Metropolis / Jumlah Pencari Kerja Meningkat Setiap Bulan

Jumlah Pencari Kerja Meningkat Setiap Bulan

BENGKULU – Jumlah pencari kerja di Kota Bengkulu tercatat terus mengalami peningkatan setiap bulan selama tahun 2019 ini. Ini terlihat berdasarkan permohonan pembuatan kartu kuning atau kartu pencari kerja dan juga  data di di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker)  Kota Bengkulu. Sampai April kemarin, mencatat ada 1712 orang yang mengajukan permohonan kartu kuning pada April Selasa (14/5) . (lihat grafis)

Kabid Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bengkulu, Hj. Yulia, SE, MSi melalui Kasi Program Seritifkasi Pemagangan Rodiyanti, S.Sos menjelaskan jumlah pencari kerja di Kota Bengkulu sudah mencapai 1712 orang dengan jumlah laki-laki sebanyak 817 orang dan perempuan sebanyak 895 orang.

Jumlah itu merupakan jumlah pada April lalu. Sementara, jumlah lapangan kerja yang tersedia tidak mencapai jumlah tersebut. Dari data yang dimiliki, jumlah pencari kerja dan lapangan kerja yang tersedia saat ini tidak sebanding. Ditambahkannya, berdasarkan catatan di di Disnaker jumlah warga yang diterima kerja hanya sedikit.

Pada Januari lalu hanya 47 orang  yang diterima kerja, lalu Februari lalu hanya 14 orang, Maret hanya 31 orang dan April sebanyak 40 orang sudah diterima bekerja. Saat ini Disnaker Kota terus berkomunikasi dengan berbagai perusahaan untuk memberitahukan pihaknya bila membuka lowongan kerja.

“Perusahaan yang akan membuka info lowongan kerja maka akan menyurati Disnaker sehingga dinas akan menginformasikan kepada masyarakat yang sudah membuat kartu kuning, Disnaker membantu menyebarluaskan informasi tersebut dan menjembatani antara perusahaan dan pencari kerja,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain berkoordinasi dengan perusahaan Disnaker juga rutin mengadakan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK). Tujuannya yakni untuk mengurangi angka penangguran dengan mengajarkan banyak pelatihan seperti pelatihan menjahit, pelatihan tata rias, pelatihan teknologi tepat guna dan sebagainya agar dapat menjadi usaha bagi para pencari kerja.

Program BLK ini gratis biayanya bahkan para peserta pun mendapatkan uang transport. Kegiatan pelatihan ini rutin diadakan pertriwulan. Ia berharap supaya angka pencari kerja dapat berkurang sehingga angka pengangguran yang ada di Kota Bengkulu dapat berkurang juga.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan tersebut akan mengurangi angka penangguran dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” tutupnya.(cw1)

Berita Lainnya

Status Pantai Panjang jadi Catatan BPK RI

BENGKULU- Status peralihan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) serta aset kawasan wisata Pantai Panjang yang dilakukan ...

error: Content is protected !!