Senin , 20 Mei 2019
Home / Daerah / Seluma / Kabur ke Jakarta, 3 PPK Ulu Dibekuk

Kabur ke Jakarta, 3 PPK Ulu Dibekuk

DIBEKUK: Tim buser Satreskrim Polres Seluma bersama tiga anggota PPK Ulu Talo (duduk) usai ditangkap di Mall Permata Hijau, Jakarta Selatan.

SELUMA – Menghindar dari pemanggilan polisi, tiga dari lima Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ulu Talo yang diduga melakukan pengelembungan suara Caleg DPRI RI dari Gerindra nomor empat, kabur ke Jakarta. Namun upaya tersebut sia-sia. Belum lama berada di Jakarta, mereka berhasil diringkus Tim Buser Polres Seluma saat berada di Mall Permata Hijau Jakarta Selatan, Senin (13/5) malam.

Selasa (14/5) sore, ketiga PPK Ulu Talo masing-masing Ketua, Azis Nugroho, Wakil Ketua, Andi Lala dan Sekretaris, Arizon dibawa Tim Buser dari Jakarta menuju Seluma melalui jalur darat. Dimungkinkan ketiga langsung ditetapkan sebagai tersangka. Namun kecil kemungkinan dilakukan penahanan mengingat ancaman pidana Pemilu maksimal 2 tahun penjara. Sekalipun tiga orang tersebut tidak kooperatif, berusaha menghindar dari pemeriksaan penyidik.

‘’Mereka bertiga sengaja kabur ke Jakarta, tapi sudah berhasil kita bekuk. Sekarang anggota dalam perjalanan membawa ketiga orang itu dari Jakarta pulang ke Seluma,’’ terang Kapolres Seluma, AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/5).

Dijelaskan Nyoman, kaburnya tiga anggota PPK Ulu Talo ini saat akan dilakukan pemeriksaan tim penyidik Sat Reskrim. Sesuai surat panggilan, pemeriksaan digelar Senin (13/5). Namun batal karena tiga orang itu kabur. ‘’Kalau dua anggota PPK lainya yakni Bendahara, Amrianto dan anggota, Jumadi sudah kita lakukan pemeriksaan. Tinggal menyisahkan tiga orang yang kabur ini,” jelas Nyoman.

Lanjut Nyoman, diketahuinya tiga terduga pelaku ini kabur saat anggotanya akan menyampaikan surat panggilan ke dua. Mengetahui mereka kabur, Polres Seluma langsung melakukan penyelidikan. Akhirnya didapati kepastian ketiga orang itu kabur ke Jakarta. ‘’Pelacakkan yang dilakukan anggota saat berada di Jakarta, didapati kalau ketiga PPK Ulu Talo itu berada di kawasan Jakarta Selatan tepatnya di Mall Permata Hijau. Penangkapan langsung dilakukan dengan bantuan Polda Metro Jaya,’’ terang Nyoman.

Terkait pemeriksaan yang telah dilakukan pada Bendahara dan Sekretaris PPK Ulu Talo, kuat indikasi penggelembungan suara caleg. ‘’Oleh karena itu besok (hari ini, red) kita akan melakukan pemeriksaan kepada ketiga anggota PPK Ulu Talo yang telah berhasil dibekuk tersebut. Selanjutnya kita lakukan gelar perkara untuk penetapan tersangka,’’ pungkas Nyoman.(aba)

Berita Lainnya

Pembangunan Seluma Menggeliat

SELUMA – Pembangunan di Kabupaten Seluma akan menggeliat. Seiring dengan paket proyek yang sudah mulai ...

error: Content is protected !!