Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Metropolis / Pemasangan Sambungan Air Gratis, Ditutup Mei

Pemasangan Sambungan Air Gratis, Ditutup Mei

Sjobirin Hasan

BENGKULU- Program pemasangan saluran pipa air PDAM Tirta Dharma Kota Bengkulu secara gratis bagi kalangan tidak mampu dengan total kuota 1.500 sambungan jaringan masih dibuka. Hingga Selasa (14/5) target untuk memenuhi kuota masih dibutuhkan manajemen PDAM.  Hal ini disampaikan Direktur PDAM Tirta Dharma Kota Bengkulu, Drs. H. Sjobirin Hasan, SE, MBA.

Ia mengatakan, program pemasangan sambungan saluran pipa PDAM gratis ini akan mulai dikerjakan. Namun pihaknya masih menunggu total kuota keseluruhan di tiap kecamatan. “Memang saat ini jumlah kuota yang terdata sudah di atas 1000. Akan tetapi bila  masih ada masyarakat yang mau mengikuti program ini masih bisa masuk kuota hingga ditunggu sampai akhir bulan Mei ini. Sebab target kita total kuota keseluruhan 1.500,” jelas Sjobirin.

Menurut Sjobirin, bahwa program ini sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu yang cukup banyak peminatnya. Untuk tahun ini kembali diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) dengan anggaran senilai Rp 3 miliar dari dana penyertaan modal APBD kota.

“Masyarakat kota tidak perlu bingung terkait program ini, sebab apabila ada masyarakat miskin yang berkeinginan melakukan pemasangan harus sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Namun kita minta masyarakat untuk bersabar, karena program ini dilakukan bertahap. Jadi persoalannya tinggal tunggu waktunya saja,” ujarnya.

Selain itu sambung Sjobirin, meski pemasangan sambungan saluran air gratis PDAM menyebar ditiap kecamatan. Namun dalam pemasangan, pihaknya memprioritaskan di kawasan pesisir yang dinilai masih banyak membutuhkan air bersih. “Jadi masyarakat bisa mendaftar langsung ke kantor PDAM kota. Atau pihak RT/RW setempat bisa mengusulkan warganya. Setelah terdaftar nantinya kita akan melakukan validasi dilapangan. Tim survey kita akan turun langsung mencek kelapangan, agar program tersebut tepa sasaran,” ungkapnya.

Dikatakan Sjobirin, pihaknya memang akan memperketat pengawasan terkait program pemasangan sambungan PDAM gratis ini. Sebab dalam program ini ditargetkan akan tuntas terlaksana sesuai target yang diharapkan. “Kalau target kita usai Lebaran proyek pemasangannya dilakukan,” imbuhnya.

Selain itu lanjut Sjobirin, ketika warga yang layak mendapatkan program  pemasangan sambungan PDAM gratis. Otomatis warga tersebut sudah masuk sebagai pelanggan tetap PDAM. “Karena yang jelas untuk pembiayaan perbulannya sesuai standar tarif normal sederhana. Karena tarif PDAM kita ada kriteria dan golongan pembayarannya,” pungkasnya.(new)

Berita Lainnya

Anggaran Lampu Jalan, Tambah  Rp 10 Miliar

BENGKULU – Program terang menderang lampu jalan wilayah Kota Bengkulu tampaknya menjadi program prioritas Pemerintah ...

error: Content is protected !!