Minggu , 26 Mei 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Segera Angkat Plt Kades Ujan Mas Bawah

Segera Angkat Plt Kades Ujan Mas Bawah

KEPAHIANG – Pasca ditetapkannya kades, sekdes, dan bendahara Desa Ujan Mas Bawah, Kecamatan Ujan Mas sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepahiang atas kasus penyelewengan Dana Desa (DD), kondisi pemerintahan Desa Ujan Mas Bawah saat ini ibarat kapal kehilangan nahkoda.

Untuk itu, Pemkab Kepahiang langsung mengambil langkah guna mempersiapkan perangkat desa dan mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) Kades untuk tetap menjalankan program pemerintahan desa.Diungkapkan Kabag Pemerintahan Setkab Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH, MH, pasca mendapatkan kabar tentang kasus yang menimpa para perangkat desa tersebut, pihaknya langsung mempersiapkan rencana pengangkatan Plt Kades Ujan Mas Bawah.

Dalam waktu dekat ini, Pemkab Kepahiang akan mengumpulkan seluruh perangkat desa yang aktif beserta pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) guna mempersiapkan hal ini.”Apapun kondisinya, pemerintahan desa tidak boleh terganggu. Masih banyak program pembangunan yang harus dilakukan oleh desa. Untuk itu dalam beberapa hari ini kita akan kumpulkan seluruh pengurus desa dan BPD guna mempersiapkan langkah selanjutnya. Salah satunya adalah menunjuk Plt Kades, Plt Sekdes, dan Plt Bendes Ujan Mas Bawah,” jelas Iwan.

Dijelaskan Iwan, untuk menunjuk pejabat Plt, Pemkab Kepahiang akan menyerahkan kepada para perangkat desa dan BPD Ujan Mas Bawah terkait bagaimana teknisnya. Untuk itu nantinya kajian, analisa, dan kesepakatan perangkat desa dan BPD diperlukan untuk Pemkab nantinya mengangkat pejabat Plt Kades dan perangkat kosong lainnya di desa tersebut.

“Ya nantinya siapa yang layak untuk diangkat sebagai Plt, tentunya berdasarkan kesepakatan antara perangkat desa dan pengurus BPD selaku penyambung aspirasi masyarakat. Pemkab dalam hal ini akan meng-SK-kan siapa yang menurut masyarakat desa layak memimpin mereka,” terang Iwan.(sly)

Berita Lainnya

Jalan Lintas Sumatera Rusak

KEPAHIANG – Jelang arus mudik lebaran, beberapa titik jalan lintas Sumatera di Kabupaten Kepahiang rusak ...

error: Content is protected !!