Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Warga Desa Genting Setuju Direlokasi

Warga Desa Genting Setuju Direlokasi

RUSAK: Bangunan yang rusak pasca bencana masih belum tuntas rehabnya hingga saat ini.(foto: fintah/rb)

BENTENG – Rencana relokasi warga yang terdampak bencana di Desa Genting Kecamatan Bang Haji, disambut positif oleh warga. Asalkan sesuai dan bisa memberikan keamanan bagi warga. “Untuk lokasi rumah saat ini saja sudah banyak yang terendam lumpur,” jelas Nasirun, warga setempat.

Kondisi itu diakuinya tentu sangat sulit bila harus melakukan pembersihan. Karena, lumpur yang masuk sampai ke dalam rumah memiliki ketebalan hingga setinggi lutut orang dewasa. Sementara bangunan milik penduduk juga banyak yang mengalami kerusakan seperti rumah panggung semi permanen yang roboh.

Sementara itu, Camat Bang Haji, Edi Junaidi S.Sos mengatakan pasca banyaknya kunjungan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu, Pemkab Benteng dan juga banyak pihak lainnya baik itu pemerintah dan swasta, telah membantu sekali warga yang masih belum bisa kembali ke rumah masing-masing. Bahkan pendirian tenda terus ditambah untuk menampung warga yang jumlahnya mencapai ratusan jiwa.

Rencana relokasi yang dianjurkan Pemkab Benteng, saat ini lahannya juga sudah dipantau. “Yang pastinya lebih tinggi untuk keamanan warga dari bencana banjir dan sejenisnya,” jelas Edy.

Plt.Sekda Benteng, Edy Hermansyah P.hD mengatakan relokasi merupakan alternatif yang bagus untuk keamanan warga ke depannya. Karena, lokasi pemukiman saat ini berada di bagian bawah dan nyaris sejajar dengan aliran sungai. Jika tetap bertahan, dikhawatirkan saat terjadi musibah banjir bandang, akan menyapu seluruh pemukiman.

Maka, relokasi di lahan pemukiman baru yang lebih baik adlaah satu-satunya jalan untuk menghindar dari bencana bajir seperti yang sudah terjadi. “Secara bertahap, lokasi pemukiman baru nantinya bisa di isi oleh warga,” demikian Edy.(vla)

Berita Lainnya

Terancam Kehilangan Tunjangan Sertifikasi

BENTENG – Kurangnya jumlah siswa baru di setiap sekolah akan berdampak buruk pada guru. Dimana ...

error: Content is protected !!