Senin , 20 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Bantuan Nelayan Diduga Tidak Tepat Sasaran

Bantuan Nelayan Diduga Tidak Tepat Sasaran

RUSAK: Bangunan yang rusak pasca bencana masih belum tuntas rehabnya hingga saat ini.(foto: fintah/rb)

BENTENG – Bantuan untuk nelayan di Kabupaten Benteng, sampai saat ini diduga tidak tepat sasaran. Karena, beberapa nelayan tidak mengakui menerima meskipun mengetahui bahkan sudah pernah masuk dalam pendataan untuk penerima bantuan.

“Kalau kami hanya sebatas didata, tidak tahu siapa atau nelayan sebelah mana yang mendapatkan,” jelas Ketua Kelompok Nelayan, Alun Selatan Desa Pekik Nyaring, Zulkarnedi.

Dijelaskannya, untuk bantuan yang pernah dilihatnya beberapa tahun lalu, adalah fiber untuk tempat ikan hasil tangkapan nelayan. Sementara untuk bantuan lainnya yang pernah diketahui melalui pendataan antara lain kapal tangkap dan peralatannya, diakui Zulkarnedi hingga saat ini tidak pernah mendapatkannya.

Meskipun, seluruh nelayan sudah sangat berharap mendapat bantuan kapal saat nama mereka didata. Karena itu, Zulkarnadi merasa curiga kalau bantuan yang dijanjikan melalui pendataan juga tidak tepat sasaran. Karena, hal tersebut pernah diketahuinya, bahwa ada nelayan dari luar Benteng yang menggunakan kapal hasil bantuan dari Pemkab Benteng.

“Kalau cuma didata untuk apa, kami butuh bantuan yang sebenarnya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Benteng, Iswahyudi S.Sos menjelaskan dalam sistem penyaluran bantuan yang berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, semua disampaikan sesuai dengan mekanisme. Pihak daerah memang diberikan tugas melakukan pendataan, namun untuk kewenangan realisasinya masih dikendalikan oleh pihak pemberi bantuan.

Untuk tahun 2019 ini, memang belum ada bantuan yang disalurkan. Namun, beberapa tahun sebelumnya ada bantuan yang disalurkan. Penerima bantuan juga diproses sesuai syarat yang lengkap, misalnya berdomisili dan memang nelayan dari Kabupaten Benteng yang dibuktikan dengan identitas kartu nelayan. Dan penerima yang mendapatkan tentu karena bantuan juga terbatas, juga mengutamakan yang prioritas dan mendesak.

“Karena bantuan terbatas, penyaluran juga belum bisa dilaksanakan secara serentak,” demikian Iswahyudi. (vla)

Berita Lainnya

Perebutan Kursi Sekda Memanas

BENTENG – Menjelang akhir penentuan siapa yang akan menduduki kursi Sekda Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) ...

error: Content is protected !!