Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Probis / BI Gandeng 18 Bank

BI Gandeng 18 Bank

BENGKULU – Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu akan memulai kegiatan penukaran uang pada 23 Mei yang akan datang. Kegiatan ini bakal dipusatkan di Halaman RSHD Kota Bengkulu dengan menggandeng 18 bank yang ada di Bengkulu.

Kepala Tim Sistem Pembayaran Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu, Irwan Efendi mengatakan, kegiatan penukaran akan berlangsung sampai sepekan, termasuk Sabtu dan Minggu tetap buka. “Kita estimasikan kegiatan ini akan digelar sampai tanggal 29 Mei nanti,” jelasnya disela acara jumpa pers Kajian Ekonomi Regional Provinsi Bengkulu di Rumah Makan Kampung Pesisir di Jalan Pariwisata Pantai Panjang Kota Bengkulu, Rabu (15/5). Kegiatan ini bersamaan dengan agenda buka bersama Bank Indonesia bersama awak media di Bengkulu.

Menurut dia, pelayanan akan mulai dibuka sejak pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.30 WIB, dengan membuka loket-loket agar proses penukaran rupiah baik pecahan besar maupun pecahan kecil dapat berjalan lancar. “Untuk tahun ini kita targetkan akan mencapai 1.050 penukar, dan target ini naik dari realisasi penukar Ramadan lalu yang mencapai sekitar 800 penukar,” ungkapnya.

Sesuai dari proyeksi dan berdasarkan permintaan dari bank-bank yang resmi beroperasi di Provinsi Bengkulu, tahun ini Bank Indonesia menyediakan uang untuk kebutuhan Lebaran mencapai Rp 2,5 triliun. Jumlah sebesar ini mengalami kenaikan  dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 1,5 triliun. Untuk  segi keamanan Bank Indonesia sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan dan akan dikerahkan pengamanan dari Bank Indonesia.

Sementara itu, dari data yang disampaikan Bank Indonesia, terungkap pertumbuhan ekonomi Bengkulu triwulan I 2019 tercatat sebesar 5,10 persen (yoy), meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Dari sisi permintaan, peningkatan tersebut ditopang oleh akselerasi konsumsi LNPRT pada masa kampanye Pilpres dan Pileg serta penurunan impor yang cukup signifikan.

“Secara sektoral, peningkatan didukung oleh membaiknya kinerja mayoritas sektor utama daerah, seperti sektor pertanian serta industri pengolahan, seiring masuknya musim panen serta persiapan memasuki Ramadan dan Idul Fitri,” ungkap Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Ri’fat Pasha. (iks)

Berita Lainnya

Sukses Selalu Pak Adang

BENGKULU – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Sapurtra sudah berganti. Selanjutnya Adang ...

error: Content is protected !!