Minggu , 25 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Disurati Kejari, Kontraktor Ngeper

Disurati Kejari, Kontraktor Ngeper

Agus Irawan Yustisianto

MUKOMUKO – Mempertahankan tidak ingin kembalikan kelebihan bayar tiga kontraktor yang mengerjakan proyek tahun 2018 pada Pemkab Mukomuko, akhirnya ngeper juga dan bersedia mengembalikan.

Kesedian mereka mengembalikan, setelah disurati langsung Kejaksaan Negeri (Kejari) Mukomuko. Ini dikatakan Kepala Kejari (Kajari) Mukomuko, Agus Irawan Yustisianto, SH, MH, Rabu (15/5).

Tetapi ketiga kontraktor tersebut, Kajari enggan membeberkan. ‘’Alhamdulillah mereka patuh. Kita hanya surati. Setelah itu kita minta laporannya. Nantiny mereka akan serahkan bukti pengembalian kelebihan bayar,” ujar Kajari.

Turun tangan Kejari Mukomuko masalah ini setelah Pemkab Mukomuko minta bantuan. Karena sebelumnya para kontraktor tak menggubris surat dari Pemkab Mukomuko. Sementara, Pemkab Mukomuko punya beban atas kelebihan bayar itu.

Ini karena mendapat teguran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sebagai yang melaksanakan audit. ‘’Iya, proyek tahun 2018. Proyek tahun anggaran 2017 ada juga yang kita isurati,” jelas Kajari.

Pihaknya menekankan pengembalian kerugian negara itu, adalah upaya preventif lebih dulu dan tetap mengedepankan bagaimana kelebihan bayar tersebut dikembalikan lagi ke kas daerah.

‘’Sejak dua tahun terakhir, ada perubahan. Lebih mengedepankan pengembalian potensi dari kerugian negara. Jadi ada kelebihan bayar, diprioritaskan pengembaliannya,” terang Kajari.

Lebih lanjut dikatakan adanya kejadian kelebihan bayar, bukan karena Pemkab membayar kepada pihak rekanan melebihi dari nilai kontrak. Tapi karena pekerjaan tidak tuntas 100 persen, namun dibayar 100 persen.

‘’Misal pekerjaan tersebut persentasenya baru 95 persen, tapi dibayar 100 persen. Setelah diaudit ada kelebihan bayar 5 persen. Itulah yang harus dikembalikan. Atau pekerjaan baru 80 persen tapi terbayarkan yang diklaim kontraktor 85 persen,” pungkas Kajari.(hue)

Berita Lainnya

176 Jamaah Haji Mukomuko Tiba Pukul 9 Malam

MUKOMUKO – Sebanyak 176 jamaah haji asal Kabupaten Mukomuko akan tiba sekitar pukul 21.00 WIB ...

error: Content is protected !!