Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Berita utama / Kinerja Pemerintah Provinsi Naik ke Peringkat 17

Kinerja Pemerintah Provinsi Naik ke Peringkat 17

Rohidin Mersyah

BENGKULU – Peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional Pemprov Bengkulu tahun ini naik dari tahun sebelumnya. Bila tahun sebelumnya nyaris menjadi juara penutup dengan menempati peringkat ke-31 dari 33 provinsi, namun tahun ini membaik dengan mendapat peringkat ke-17.

Disampaikan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional ke-17, yang diperoleh Pemprov Bengkulu tahun ini merupakan suatu prestasi. Lantaran peringkat ini naik dari tahun sebelumnya yang nyaris menempatkan peringkat Provinsi Bengkulu sebagai penutup.

“Ya posisi tengah dari peringkat 31. Kita harapkan kabupaten/kota secara bersama-sama juga melakukan perbaikan,” kata Rohidin.

Rohidin berharap dengan adanya kenaikan peringkat tersebut diharapkan dapat memacu, memotivasi pemprov/pemkab/pemkot agar bersama-sama untuk lebih serius menyelenggarakan pemerintahan secara baik dan akuntabel. “Kota Bengkulu posisi terakhir untuk wilayah barat. Ini memacu kita bersama untuk lebih serius menyelenggarakan pemerintahan secara baik dan akuntabel,” beber Rohidin.

Berdasarkan Keputusan Mendagri No 118-8840 Tahun 2018, peringkat status kinerja penyelenggaraan pemerintahan di 93 kota secara nasional, Kota Bengkulu peringkat 92.  Sementara peringkat status kinerja penyelenggaraan pemerintahan di 396 kabupaten secara nasional, Kabupaten Kaur berada diposisi teratas untuk skala Provinsi Bengkulu dengan peringkat 141.

Disusul Benteng peringkat 194,  Mukomuko 195, Rejang Lebong 198, Lebong 203, Bengkulu Utara 289, Kepahiang 294,  Seluma 334 dan Bengkulu Selatan 370.

Ditambahkan Asisten 1 Setdaprov Hamka Sabri, tahun ini Pemprov Bengkulu menempati peringkat ke -17 dengan skor 2,8216. Indikatornya tidak hanya dilihat dari Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) secara nasional, akan tetapi kinerja penyelenggaraan pemerintahan secara keseluruhan. Hal ini merupakan penilaian langsung dari pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Merupakan prestasi bagi kita karena peringkat kita berhasil naik ke posisi tengah.  Dengan kata lain pemerintah pusat menilai kinerja penyelenggaraan pemerintah Provinsi Bengkulu lebih baik dari sebelumnya,” terang Hamka.

Hamka berharap tahun depan peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional yang diperoleh Pemprov Bengkulu membaik lain. Dari posisi tengah dari 33 provinsi yang ada di Provinsi Bengkulu masuk 10 besar. Untuk itu diperlukan dukungan dari semua pihak. Agar dapat lebih serius menyelenggarakan pemerintahan secara baik dan akuntabel.

“Semoga tahun depan kita bisa masuk di 10 besar. Untuk sekarang kita masih diatas Riau, Sumatera Utara, Lampung, Aceh dan Jambi provinsi yang ada di Sumatera,” demikian Hamka. (key)

Berita Lainnya

Modus Cari Kontrakan, Motor Dibawa Kabur

KOTA MANNA – Naas dialami Agung Wahyudin (19) warga kelurahan Tanjung Mulia, Pasar Manna. Pasalnya, ...

error: Content is protected !!