Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Metropolis / Pakaian Dinas Dewan Rp 1 Miliar

Pakaian Dinas Dewan Rp 1 Miliar

BENGKULU- Anggota DPRD Kota Bengkulu periode 2019-2024 dijadwalkan tanggal 21 Agustus nanti akan dilantik. Sejumlah fasilitas kebutuhan dewan saat ini tengah dipersiapkan oleh Sekretariat DPRD Kota Bengkulu, salahsatunya sudah menyiapkan anggaran untuk pengadaan pakaian dinas (pakdin) sebesar Rp. 1 miliar untuk 35 Anggota DPRD kota.

Data terhimpun RB, dalam pagu anggaran pakaian dinas tersebut beserta tanda pin (tanda pengenal) anggota yang diperuntukkan untuk anggota dewan periode yang baru. Artinya bila anggota DPRD kota yang menjabat saat ini ada yang kembali terpilih menjadi dewan kota, maka akan mendapatkan pakaian dinas dua kali lipat.

Sementara anggota dewan berhak menerima 5 jenis pakaian dinas, diantaranya pakaian sipil harian disediakan 2 pasang dalam satu tahun, pakaian dinas resmi disediakan satu pasang dalam satu tahun, pakaian sipil lengkap disediakan dua pasang dalam lima tahun, pakaian dinas harian lengan panjang disediakan satu pasang dalam satu tahun, kemudian pakaian yang bercirikan khas daerah disediakan satu pasang dalam satu tahun.

Plt (pelaksana tugas) Sekretaris DPRD kota, Adil Sitepu membenarkan jika anggaran fasilitas pakaian dinas dewan kota nanti sebesar Rp 1 miliar. “Anggarannya memang sebesar itu, dan itu untuk pakaian dinas sebanyak 5 stel dan beserta tanda pin anggota dewan,” ujarnya.

Terkait fasilitas lainnya yang didapat, sambung Sitepu, bahwa sampai saat ini baru sebatas fasilitas berupa pakaian dinas. “Kalau dilihat jadwal masa habis jabatan dewan itu tanggal 21 Agustus. Sedangkan terkait fasilitas lainnya mungkin gaji perdana yang akan didapat nantinya. Tapi sejauh ini kita belum tahu lagi perkembangannya,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Lembaga Pengkajian Ekonomi Regional Bengkulu (LPERB), H. Muchdimon Muchlis, SE menyoroti bahwa anggaran pengadaan pakaian dinas anggota DPRD sebesar Rp 1 miliar tersebut hal pemborosan.

“Kalau dilihat anggaran pembelian pakaian dinas dewan sebesar itu terlalu besar. Sebab lebih baik anggarannya diperuntukkan anggaran lain yang jauh lebih penting untuk kepentingan rakyat. Seperti anggaran pendidikan dan kesehatan itu harus diprioritaskan,” jelasnya.

Muchdimon menyarankan, anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk pengadaan pakaian dinas (pakdin) Anggota DPRD kota sebaiknya dipertimbangkan lagi secara matang atau dirasionalisasi. “Selain itu lihat sendiri masih banyak kondisi warga kota miskin saat ini yang masih membutuhkan bantuan pemerintah. Jadi dewan yang baru nanti juga harus benar-benar membuktikan pro rakyat,” pungkasnya.(new)

Berita Lainnya

Banyak Lapak Liar, PAD Tak Maksimal

BENGKULU – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pedagang Pasar Panorama tahun 2018 lalu, sebesar ...

error: Content is protected !!