Senin , 20 Mei 2019
Home / Daerah / Seluma / TPG Dibayar Sebelum Lebaran

TPG Dibayar Sebelum Lebaran

Mirin Ajib

SELUMA – Kabar gembira bagi tenaga pendidikan (guru dan pengawas sekolah) yang sudah sertifikasi. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Seluma, Mirin Ajib, SH, MH melalui Bendahara Pengeluaran, Herman, SE memastikan Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan pertama akan dibayarkan akhir Mei ini. Artinya sebelum hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah. ‘’Kita usahakan sebelum lebaran cair. Saat ini masih input data,’’ sampai Herman, Rabu (15/5).

Dijelaskan Herman, pencairan TPG triwulan pertama diperuntukkan bagi 1.191 tenaga pendidik dengan anggaran mencapai Rp 17 miliar. Pihaknya saat ini tengah melakukan input data yang diproses dengan sistem informasi pembayaran (simbar). ‘’Jadi mohon bersabar bagi guru penerima TPG. Kami persiapkan dan proses dulu, jika semua telah tuntas akan segera kita bayarkan,’’ ujarnya.

Untuk besaran TPG yang akan diterima  guru ini kata Herman, sama seperti tahun-tahun sebelumnya sebesar gaji pokok yang diterima setiap bulannya.  Ada pun pemotongan hanya untuk PPH yang besarannya disesuaikan dengan golongan kepangkatan tenaga pendidik bersangkutan. Untuk golongan IV sebesar 15 persen, Golongan III sebesar 5 persen.  Sedangkan untuk golongan II  tidak dikenakan pajak sehingga TPG yang diterim utuh. ‘’Nanti pembayarannya sama seperti tahun lalu akan ditransfer ke rekening  masing-masing penerimanya,’’ kata Herman.

Dengan adanya pemberian TPG ini diharapkan kinerja guru lebih meningkat. Karena menurut Herman, TPG diberikan untuk memotivasi guru meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Seluma. ‘’Sesuai tujuan pemberiannya, sedapatnya berpengaruh besar bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Seluma. Oleh karena itu mari tingkatkan kinerja agar pemberian TPG ini sesuai dengan harapan pemerintah,’’ demikian Herman.(aba)

Berita Lainnya

Pembangunan Seluma Menggeliat

SELUMA – Pembangunan di Kabupaten Seluma akan menggeliat. Seiring dengan paket proyek yang sudah mulai ...

error: Content is protected !!