Minggu , 25 Agustus 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Vaksin Massal Terkendala Stok

Vaksin Massal Terkendala Stok

Firi Asdianto

CURUP – Program vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR) di 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong (RL) yang rencananya akan dilaksanakan secara massal, sepertinya masih ada kendala. Salah satunya soal stok vaksin yang masih terbatas. Sehingga saat ini kegiatan belum bisa dijalankan secara optimal. Seperti yang diakui Kepala Pusat Kesehatan Hewan (puskeswan) Curup drh. Firi Asdianto kepada RB Rabu (15/5).

Diungkapkan Firi, untuk mengoptimalkan kegiatan vaksinasi massal HPR tersebut, mereka masih menunggu pengiriman vaksin dari Pemprov Bengkulu. ‘’Jadi kita masih menunggu pengiriman dari provinsi serta realisasi pengadaan tahun anggaran 2019 di APBD Rejang Lebong,’’ terang Firi.

Sampai saat ini, sambung Firi, untuk diketahui mereka hanya bisa melayani vaksinasi HPR terbatas dan belum bisa melaksanakannya secara massal. Dimana stock yang dimiliki saat ini ada 500 dosis dan ditambah 2.000 dosis sisa cadangan TA 2018. Dimana vaksinasi dilakukan secara gratis terhadap HPR peliharaan milik masyarakat Kabupaten RL. Seperti anjing, kucing dan kera yang memang dipelihara masyarakat.

‘’Tapi mudah-mudahan setelah lebaran, realisasi dan pengiriman vaksin sudah sampai. Sehingga kita sudah bisa memulai pelaksanaan program vaksinasi massal HPR di seluruh wilayah kecamatan Sekabupaten Rejang Lebong. Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap atau terjadwal,’’ demikian Firi.

Untuk diketahui, direncanakan program vaksinasi HPR tahun 2019 yang akan direalisasikan untuk sasaran 16.000 ekor HPR. Meskipun dari data terakhir yang dilakukan tahun 2016 lalu, jumlah HPR yang tersebar di 156 desa/kelurahan dalam 15 kecamatan Sekabupaten RL mencapai 35.000 ekor HPR.(dtk)

Berita Lainnya

Giliran Hutan Madapi Terbakar

CURUP – Kebakaran lahan kosong terus saja terjadi di berbagai wilayah kecamatan. Jika sebelumnya terjadi ...

error: Content is protected !!