Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Seluma / Disnakertrans Buka Pos Pengaduan  THR

Disnakertrans Buka Pos Pengaduan  THR

SELUMA – Sama seperti tahun sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Seluma kembali membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi tenaga kerja di Kabupaten Seluma. Posko berada di Kantor Disnakertrans, siap menerima pengaduan dari tenaga kerja yang tak menerima haknya akan THR dari perusahaaan tempatnya bekerja.

Kepala Disnakertrans Seluma, Riduan, ST melalui Sekretaris, Tusmi Hirawani, SH, MH menjelaskan, sesuai Permenaker Nomor 6 tahun 2016 tentang pembayaran THR keagaman bagi pekerja, pembayaran wajib dilakukan oleh perusahaan di H-7 lebaran sebesar satu bulan gaji.

‘’THR satu bulan gaji untuk karyawan yang telah bekerja minimal atau lebih dari satu tahun. Sedangkan untuk karyawan yang bekerja dibawah satu tahun, maka besaran THR yang diberikan adalah masa kerja dikalikan gaji satu bulan lalu dibagi 12,’’ jelas Tusmi.

Besaran THR diterima oleh setiap pekerja pasti tidak sama karena dihitung sesuai masa kerja. Namun untuk pembayaran THR ini wajib dilakukan oleh perusahaan kepada seluruh karyawannya. ‘’Agar tidak ada kesalahpahaman, karyawan juga harus paham aturan pembayaran THR,’’ sampainya.

Lanjut Tusmi, terkait kewajiban perusahaan membayar THR, Disnakertrans Seluma telah menyurati 25 perusahaan besar, meliputi perusahaan perkebunan dan pertambangan yang ada di Kabupaten Seluma. Diminta agar segera membayarkan THR sesuai dengan aturan. “Untuk karyawan, jika ada permasalahan terkait pembayaran THR, segera sampaikan ke Posko Pengaduan THR yang telah kami buka agar cepat ditindaklanjuti dan diselesaikan,’’ kata Tusmi.

Pada tahun 2018 lalu, Disnakertrans Seluma telah membantu menyelesaikan permasalahan THR di PT. Sindabi Indah Lestari (SIL) dan SPBU Sukaraja yang sedikit ada permasalahan yang disampaikan oleh karyawannya. Setelah dilakukan mediasi, dapat diselesaikan dan karyawan tidak dirugikan akan besaran THR yang mereka terima.

‘’Kami harap untuk tahun ini tidak ada permasalahan. Baik perusahaan ataupun karyawan memahami hak dan kewajibannya terkait pembayaran THR. Jika ada permasalahan segera sampaikan pada kami agar cepat diselesaikan,” demikian Tusmi.(aba)

Berita Lainnya

Rafflesia Mekar Sempurna di Desa Simpang

SELUMA UTARA – Untuk kali kedua Bunga langka Rafflesia Arnoldi kembali mekar di Kabupaten Seluma. ...

error: Content is protected !!