Senin , 17 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Harga Bawang Putih Masih Cukup Tinggi

Harga Bawang Putih Masih Cukup Tinggi

PASAR MANNA – Meskipun stok bawang putih dari luar daerah sudah sampai di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sejak berberapa hari terakhir tidak membuat harga bawang putih mengalami penurunan. Tetapi harganya masih cukup tinggi yakni Rp 60 ribu per kilogram.

Pasokan bawang putih dari pihak swasta datang ke Kabupten BS mencapai 1 ton lebih. Tetapi masalah harga saat ini masih terbilang tinggi. Bagaimana tidak, bila sebelumnya harga per kilo Rp 90 ribu tapi kini harganya Rp 60 ribu. Berarti penurunan harga hanya Tp 30 ribu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi (Disperindgkop) BS, Herman Sunarnya, SH, MH, mengatakan masalah harga bawang putih masih tinggi, lantaran stok yang masuk masih sedikit.

Diakui Herman, stok bawang yang didatangkan oleh Pemprov Bengkulu sebanyak 2.7 ton itu, untuk dua kabupaten BS dan Rejang Lebong. ‘’Ya, sebenarnya jumlah itu hanya untuk satu kabupaten. Namun ini dibagi lagi,” terang Herman.

Kelangkaan bawang putih yang terjadi kahir-akhir in disebabkan stok dari luar daerah terlambat masuk ke Bengkulu. Salah satu penyebabnya yakni  gangguan alam yang melanda di berbagai kabupaten di BS. ‘’Mudah-mudahan masalah ini tidak terlalu lama. Kemungkinan dalam minggu ini juga turun,” jelas Herman.

Tim dari Disperindagkop terus memantau harga pangan dipasaran menjelang lebaran. Unutuk saat ini, kata Herman, harga-harga masih stabil. Dari Sembilan bahan pokok dipasaran hanya bawang yang mengalami ketidakstabilan harga.

“Untuk sementara harga masih stabil. Kita dari Disperindagkop terus melakukan pengawasan,” ujarnya.(tek)

Berita Lainnya

Sungai Air Pino Ancam Rumah Warga

PASAR MANNA – Tingginya curah hujan yang melanda wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) akhir-akhir ini, ...

error: Content is protected !!