Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Hasil Uji Lab, Cabai Mengandung Pestisida

Hasil Uji Lab, Cabai Mengandung Pestisida

UJI LAB: Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan melakukan uji laboratorium terhadap buah dan sayur, Kamis 16/5).(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Memastikan sayur-sayuran dan buah-buahan yang dijual bebas aman untuk dikonsumsi, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bengkulu Selatan (BS) melakukan uji laboratorium. Dari hasil uji labor, diemukan kandungan pestisida pada cabai, Kamis (16/5).

Kepala DKP BS, Iskandar Az, mengatakan uji labor ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah di dalam sayuran, dan buah segar yang dijual terdapat zat berbahaya atau tidak. Misal pestisida dan bahan pengawet lainnya.

“Kami melakukan pemeriksaan di Pasar Kutau. Dari hasil uji laboratorium terindikasi ada kandungan pestisida pada cabai. Sedangkan untuk sayur, dan buah serta makanan lainnya dalam kondisi aman,’’ jelas Iskandar.

Terkait dengan ditemukan cabai yang terindikasi mengandung pestisida tersebut, Iskandar meminta kepada masyarakat agar sebelum mengkonsumi atau memasak sayuran dan buahan, terkhusus cabai agar dicuci sebersih mungkin sampai steril.

‘’Meski terdapat kandungan pesstisida tapi bukan berarti tak boleh dimasak. Namun hendaknya harus disterilkan lebih dulu, agar kanduhgan pestisidaa berkurang,” ujar Iskandar.

Ditambahkan Iskandar, khusus untuk sayuran meski dikatakan aman tetap saja masyarakat harus lebih teliti dalam memilih yang dimasak. Seperti untuk buah sebelum dimakan ada baiknya dicuci terlebih dahulu.

‘’Intinya masyarakat yang harus lebih pintar dan jeli dalam menyiasati serta memilih yang terbaik untuk di konsumsi,” tandasnya.(tek)

Berita Lainnya

Ada Oknum Minta Bayaran, Laporkan

KOTA MANNA –Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengimbau masyarakat untuk melapor bila ada ...

error: Content is protected !!