Kamis , 12 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Izin Habis, 2 Perkebunan Sawit Masih Beroperasi

Izin Habis, 2 Perkebunan Sawit Masih Beroperasi

Sasman

ARGA MAKMUR – Dua perusahaan perkebunan kelapa sawit yang memiliki lahan ratusan hektare diketahui sudah habis izinnya. Dua perusahaan tersebut yakni PT. Bimas Raya Sawitindo yang beroperasi di Kecamatan Lais dan Batik Nau dan PT. Purnawira Dharma Upaya (PDU) yang beroperasi di Kecamatan Air Padang dan Padang Jaya.

Meskipun izin yang mereka miliki habis sejak enam bulan lalu dan belum memiliki izin lain, hingga kini perusahaan tersebut masih beraktivitas. Bahkan, penanaman baru dan penggarapan lahan yang ada masih terus dilakukan tanpa izin.

Plt. Kadis Perkebunan BU, Sasman, SP membenarkan izin kedua perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut sudah habis. Hingga kini perkebunan tersebut masih beroperasi tanpa izin yang dikeluarkan Pemprov Bengkulu. “Untuk tahun 2018, dua perusahaan tersebut memang izinnya sudah habis. Namun mereka tengah mengajukan perpanjagan,” katanya.

Dalam surat izin yang habis 2018, tertulis perusahaan harus mengajukan perpanjangan izin paling lambat satu tahun sebelum izin tersebut berakhir atau 2017. Hal ini dengan pertimbangan waktu memproses izin tersebut. “Keterangan dari perusahaan mereka tinggal menunggu izin. Sedangkan persyaratan sudah lengkap. Kita sudah mengklarifikasi, meskipun memamg mekanisme perizinan perkebunan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi,” beber Sasman.

Anggota Komisi III DPRD BU, Dedy Syafroni meminta Pemkab BU juga tegas dengan perusahaan-perusahana bandel tersebut. Ia meminta perusahaan menghentikan sementara aktivitasnya sampai izin diterbitkan. “Jelas ada kelalaian, karena kalau memang diajukan sejak satu tahun sebelum izin berakhir, izin sudah pasti keluar,” ujarnya.

Ia juga menegaskan kegiatan yang saat ini dilakukan oleh perusahaan tersebut ilegal lantaran tidak memiliki izin. Sehingga jika masih beraktivitas ia menegaskan hal itu pelanggaran hukum. “Terlepas izinnya tengah diproses atau tidak, izin itu belum ada, hentikan dulu aktivitas,” tandasnya.(qia)

Berita Lainnya

Amankan Pelaku Mesum

ARGA MAKMUR – Polres Bengkulu Utara menangkap dua pria karena kasus persetubuhan dengan anak di ...

error: Content is protected !!