Minggu , 18 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Uang Purna Bakti Dewan Bervariasi

Uang Purna Bakti Dewan Bervariasi

ARGA MAKMUR – Sebanyak 30 Anggota DPRD BU dipastikan akan mendapatkan uang pensiunan atau uang purba bhakti. Besaran uang purna bhakti juga berbeda-beda sesuai dengan masa tugas dewan. Uang purna bhakti dewan sama dengan uang representasi yang dikalikan dengan jumlah tahun masing-masing dewan mengabdi. Uang representasi dewan per bulan sekitar Rp 3 juta. Jumlah uang purba bhakti dikalikan dengan jumlah tahun mengabdi.

Namun untuk dewan yang mengabdi selama lima tahun atau satu masa jabatan bakal mendapatkan sebanyak 6 kali uang representasi. Ini berarti akan ada dua dewan BU yakni Anuwari dan Mimbar Situmorang yang hanya mendapatkan uang purna bhakti Rp 3 juta. Keduanya baru bertugas sejak akhir tahun lalu menggantikan dua dewan yang mundur sebagai anggota DPRD.

Sedangkan yang mendapatkan Rp 9 juta, ada satu dewan karena bertugas tiga tahun lebih saat nanti habis masa tugasnya. Sedangkan sisanya sebanyak 27 dewan akan mendapatkan minimal Rp 15 juta. Jika diakumulasikan, maka jumlah dana yang dibutuhkan untuk membayar uang purna bakti sekitar Rp 420 juta.

Terkait hal itu, Sekretaris Wan Abdul Salam, SH membenarkan pemberian uang purna bakti. Namun untuk memastikan besarannya nanti akan dihitung sesuai masa tugas per tanggal dilantik sebagai dewan dan tanggal berakhir sebagai dewan.

“Besarannya kita sesuaikan dengan masa tugas. Itu sesuai aturan yang mengatur tentang pemberian uang purna bakti,” jelasnya.

Seluruh dewan periode 2014-2018 ini akan mendapatkan uang purna bakti, termasuk anggota dewan yang terpilih kembali.(qia)

Berita Lainnya

Satu Sel Lapas Dihuni 15 Napi

ARGA MAKMUR – Permasalahan over kapasitas masih melanda Lapas Kelas II B Arga Makmur. Hal ...

error: Content is protected !!