Selasa , 18 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Lokasi Tambatan Nelayan Dipindahkan

Lokasi Tambatan Nelayan Dipindahkan

BARU: Para nelayan Pantai Pasar Bawah Manna lagi kongkow-kongkow sedang tidak melaut.(foto: rio/rb)

PASAR MANNA -Lokasi tambatan perahu para nelayan yang sebelumnya di Muara Sungai Air Manna, harus berpindah lokasi. Tepatnya dibelakang Masjid Al- Manar Kelurahan Pasar Bawah.

Pemindahan lokasi setelah selesainya pembangunan tambatan perahu yang dibuat oleh Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Bengkulu Selatan (BS). ‘’Kita pindahkan dan keruk lagi disana (belakang Masjid Al–Manar). Jadi nantinya perahu nelayan semuanya disana,” kata Kepala DKP BS, Novianto, M.Si.

Dijelaskan pemindahan lokasi ini dilakukan yakni bentuk kepedulian Pemkab BS, kepada para nelayan Pantai Pasar Bawah yang terdampak bencana banjir bandang beberapa waktu lalu.

‘’Kita ketahui salah satu dampak banjir bandang, kolam tambatan perahu nelayan yang kita dibangun dahulu rata diterjang arus sungai Air Manna saat banjir. Karena itu kolam tambatan kita buat lagi tapi lokasinya kita pindahkan,” terang Novianto.

Selain itu jelas Novianto pihaknya akan mengeruk pintu muara sungai, agar lebih dalam. Sistemnya, semua nelayan bisa menurunkan hasil tangkapan di pintu muara, untuk diboyong ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kemudian perahu ditambatkan di kolam lokasi yang baru.

‘’Jika masih ditambatkan di lokasi lama khawatir bencana kembali datang. Saat bencana banjir yang lalu, cukup banyak kerugian nelayan. Diantaranya perahu rusak dan ada yang hilang, karena terbawa arus dan juga alat tangkap ikut hilang,” pungkas Novianto.

Dengan dipindahkannya kolam tambatan perahu para nelayan Pantai Pasar Bawah diharapkan hal serupa tidak terjadi lagi kedepannya.(tek)

Berita Lainnya

Dewan Minta Temuan BPK Ditindak lanjuti

KOTA MANNA – Komisi II DPRD Bengkulu Selatan secar resmi Senin (17/6) panggil sejumlah Organisasi ...

error: Content is protected !!